Pulau Semau Manjakan Wisatawan dengan Objek Wisata Pantai Mirip Gurun

Vien Dimyati ยท Minggu, 24 Maret 2019 - 10:00 WIB
Pulau Semau Manjakan Wisatawan dengan Objek Wisata Pantai Mirip Gurun

Keindahan Pantai Liman Semau (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Traveler tak akan rugi menyambangi pantai ini. Tempatnya indah dan eksotis. Tepatnya berada di selatan Pulau Semau, Desa Uitiuh Tuan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang.

Di sini terdapat objek wisata pantai bernama Liman Semau yang menyimpan sejuta pesona menakjubkan, belum banyak diketahui wisatawan. Hamparan pasirnya lembut dengan warna putih kecoklatan sejauh mata kita memandang. Unik. Dengan warna yang mirip gurun pasir, pantai ini memiliki pesona tersendiri.

"NTT penuh dengan pesisir pantai yang menarik untuk dikunjungi, dan tentunya belum banyak terjamah. Salah satunya #pantailiman_semau ini. Mungkin ada yang sudah tahu Pulau Semau, ada yang belum. Pulau Semau adalah pulau kecil yang berada di sebelah barat Kota Kupang, NTT, yang juga adalah tempat asal Bapak Gub NTT saat ini. Menuju ke Pulau Semau, bisa menggunakan kapal penyeberangan nantinya dari Kota Kupang. #Repost @gaudiano_cole," tulis Instagram @genpi_ntt, dikutip Minggu (24/3/2019).

Terdapat gugusan pohon lontar di tepian. Ada pula pohon santigi penambah varian. Tepat di ujung pantai, berdiri kokoh Bukit Liman. Traveler harus mendaki bukit yang tidak begitu terjal ini. Mendaki Bukit Liman dapat dilakukan dengan dua cara. Traveler bisa berjalan kaki sekitar 20 menit, atau berkendara hingga ke pinggang bukit.

Memandang ke segala arah dari atas Bukit Liman menimbulkan sensasi keindahan yang luar biasa. Traveler bisa melihat secara utuh keindahan hamparan pantai yang menyegarkan mata. Pantai yang masih asli memiliki garis pantai panjang. Saat sore hari, Pantai Liman menyuguhkan keindahan sunset yang sangat cantik.

Pantai Liman masih sepi dan minim fasilitas. Jadi untuk mengunjunginya, sebaiknya persiapkan segala kebutuhan dari Kota Kupang. Bawalah uang tunai untuk keperluan selama berada di pulau ini. Kalau tidak mau menginap, traveler bisa menikmati day tour mengelilingi pantai-pantai ini dari pagi hingga sore hari. Pastikan dulu jadwal kapal rakyat yang akan membawa traveler kembali ke Kupang.

Apabila Anda berencana datang dengan rombongan, lebih baik menyewa kapal sendiri dengan perjanjian nanti akan diantar kembali ke Kupang di sore harinya. Tapi jika kita mau merasakan sensasi keindahan itu lebih lama, bisa menginap di rumah warga. Jika traveler mau merasakan sensasi petualangan, camping adalah pilihan tepat.

Untuk mencapai Pantai Liman, traveler dapat memilih transportasi laut dengan perahu motor yang berlabuh di Tenau, atau dengan ferry dari Bolok setiap Selasa, Jumat dan Minggu. Jarak tempuh dengan kapal motor sekitar 15-20 menit, sedangkan dengan ferry sekira 10 menit.


Editor : Vien Dimyati