Selain Liburan, Turis India Suka Wisata ke Bali untuk Pesta Pernikahan

Vien Dimyati ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 10:34 WIB
Selain Liburan, Turis India Suka Wisata ke Bali untuk Pesta Pernikahan

Bali banyak dikunjungi wisatawan India (Foto : Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi menarik di Pulau Dewata Bali yang bisa memikat wistawan untuk berkunjung. Bahkan, wisatawan asal India suka berwisata ke Bali untuk alasan pesta pernikahan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya mengatakan, wisatawan India tertarik dengan Indonesia, terutama Bali.

"Sebanyak 40 persen wisatawan India berdatangan ke Bali untuk alasan pesta pernikahan dan bulan madu. Mereka menghabiskan waktu setidaknya sepekan," kata Nia dalam acara SATTE 2020 di India Jumat (10/1/2020).

Bahkan, dalam memikat lebih banyak turis India, destinasi wisata Indonesia dipromosikan dalam kegiatan pameran South Asia Travel and Tourism Expo (SATTE) 2020 yang digelar pada 8-10 Januari 2020 di Greater Noida, New Delhi, India.

Dalam pameran tersebut, Indonesia sukses membukukan transaksi hingga lebih dari 2.593.050 dolar AS atau setara Rp37 miliar. Jumlah tersebut merupakan hasil pembelian 32.700 pax dari wisatawan asal India selama pameran berlangsung.

Menurut Nia, SATTE merupakan pameran prioritas di mana Indonesia selalu hadir untuk menarik wisatawan asal India dan sekitarnya datang ke Tanah Air.

“Pameran ini merupakan salah satu pameran B2B terbesar di India yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 exhibitor dari lebih 50 negara. India merupakan pasar yang potensial dan terbesar di Asia Selatan. Di 2018, rata-rata spending 1.523,63 dolar AS dan Rata-rata lama tinggalnya 6,72 hari,” katanya.

Asdep Pemasaran II Regional III Sigit Witjaksono mengatakan, ada kekuatan besar yang akan dikerahkan ke India. Total, ada 45 industri besar yang ikut diboyong ke Negeri Bollywood itu. Mayoritas masih mengedepankan Bali. Alasannya karena tiap tahun, Bali selalu dinobatkan sebagai destinasi terbaik dunia. Gelar itu banyak diberikan Lonely Planet, TripAdvisor, dan brand terkait wisata tingkat dunia lainnya.

“Wisman India menyumbang separuh lebih kunjungan wisman ke Tanah Air. Ke depannya akan dikembangkan strategi promosi Bali Plus atau Beyond Bali dengan menggandeng destinasi prioritas lain seperti Lombok, Labuan Bajo, dan Yogyakarta. Tentunya tetap disesuaikan dengan karateristik pasar India,” ujar Asdep Pemasaran II Regional III Sigit Witjaksono.

Saat pameran berlangsung, Booth Indonesia yang bertema kapal Phinisi juga dihadiri oleh Kepala Bidang Area I (India) Pupung Thariq Fadhillah, didampingi oleh VITO Mumbai, VITO New Delhi, VITO Singapura, serta didukung oleh Kedutaan Besar Indonesia untuk India, New Delhi.

Indonesia yang tahun ini berpartisipasi sebagai Premium Partner Country menempati pavilion di hall 9 no A30. Di mana paviliun Indonesia diisi oleh 53 industri yang terdiri dari DMC, travel agent, hotel, airlines, travel planner, dan restoran.

Selain itu dilengkapi juga dengan hiburan seperti panggung mini yang diisi oleh penari tradisional Indonesia, barista yang menyuguhkan kopi dari beberapa wilayah Indonesia, pembatik yang memperagakan cara membatik pada para pengunjung, dan fasilitas foto 360 derajat untuk pengunjung.

Editor : Vien Dimyati