Selancar di Ombak Bono Setinggi 5 Meter, Fenomena Alam yang Mendunia

Vien Dimyati ยท Senin, 07 Januari 2019 - 16:21 WIB
Selancar di Ombak Bono Setinggi 5 Meter, Fenomena Alam yang Mendunia

Berselancar di Ombak Bono Kampar yang mendunia (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Aktivitas berselancar di laut memang memiliki kesan tersendiri bagi penikmat selancar. Namun apa jadinya jika Anda berselancar di sungai? Berselancar di sungai memang baru terdengar.

Tetapi jika travelling ke Riau, tepatnya di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Anda akan menemukan Sungai Kampar yang memiliki ombak terdahsyat di dunia. Ombak tersebut bernama Bono. Berada di sungai ini, trveler dapat merasakan sensasi berselancar di ombak setinggi lima meter.

"Ombak besar di laut, itu pemandangan biasa. Namun di hilir Sungai Kampar, Desa Meranti, ombak sungai air tawar itu dapat mencapai ketinggian lima meter. Wow! Ombak yang begitu besar di aliran sungai ini membuat Sobat Pesona bisa berselancar sangat lama. Fenomena alam ini akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang. Dikenal sebagai Ombak Bono, warga lokal punya istilah bekudo bono yang artinya menunggangi ombak bono. Bahkan sudah ada event pariwisata yang diberi nama Bono Surfing," tulis Instagram @Pesonaid_Travel, dikutip Senin (7/1/2019).

Sungai Kampar membelah desa di wilayah Teluk Meranti yang bermuara ke Selat Malaka. Berada di teluk ini Anda dapat melihat fenomena alam yang menakjubkan. Ombak Bono terjadi karena pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang. Bahkan ombaknya bisa mencapai lima meter.

Dahulu kala, fenomena ombak ini merupakan pemandangan yang mengerikan dan ditakuti. Ombak bono digambarkan sebagai tujuh hantu. Hantu itu berupa ombak tujuh lapis. Saat terjadi puncak ombak Bono, 21 gelombang ombak dapat muncul secara bersamaan. Gelombang ini juga bisa menciptakan ombak bergulung-gulung dengan waktu yang bisa mencapai dua jam. Ini tentunya berbeda dengan gelombang di laut yang hanya berdurasi sekitar beberapa menit saja.

Namun kini Ombak Bono menjadi salah satu destinasi wisata alam yang paling diincar peselancar dunia. Tak hanya dapat menikmati fenomena ombak. Berada di sini, traveler juga dapat menikmati keindahan pemandangan hutan lebat tropis di kedua sisi sungai.


Editor : Vien Dimyati