Situ Cipanten, Danau Cantik yang Suka Berubah Warna di Majalengka

Vien Dimyati ยท Jumat, 15 Maret 2019 - 10:56 WIB
Situ Cipanten, Danau Cantik yang Suka Berubah Warna di Majalengka

Keindahan Situ Cipanten (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu daerah di Jawa Barat ini memiliki banyak objek wisata andalan. Sebut saja Situ Cipanten, destinasi wisata berupa danau ini sedang diganderungi anak-anak muda di Majalengka. Objek wisata yang terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka ini dikenal karena memiliki air yang jernih.

Suasananya juga terlihat asri karena dikelilingi rindangnya pepohonan. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri sambil menghirup udara sejuk.

"Halo, sobat people, ada yang tau tempat ini di mana? Airnya jernih banget ya? Ini masih di Majalengka lho. Tepatnya di Situ Cipanten. Kata si Mimin @situcipanten_mjlk air di danau atau situ ini sering kali berubah. Itu disebabkan karena faktor cuaca. Kadang warnanya suka kaya ijo lumut, kadang coklat. Jadi sekarang mumpung airnya lagi bening silahkan sobat people langsung datengin aja ke @situcipanten_mjlk," tulis Instagram @inimah_majalengka, dikutip Jumat (15/3/2019).

Situ Cipanten sudah ada sejak 1970-an. Saat itu, perawatannya belum begitu baik sehingga terkesan angker. Seiring berjalannya waktu, Pemerintah Desa Gunung Kuning bersama dengan pemuda setempat melakukan pembenahan yang membuat tempat wisata ini semakin indah. Kini, banyak wisatawan yang berdatangan di akhir pekan untuk menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga.

Udara yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata seluas satu hektare itu. Belum lagi fasilitas yang disediakan sangat cocok untuk wisatawan kekinian. Ada juga permainan air seperti bebek-bebekan dan perahu. Beberapa wisatawan juga ada yang menceburkan diri untuk berenang atau memancing.

Tak hanya menawarkan kesejukan dan kesunyian, banyak spot-spot foto instagramable yang bisa Anda temukan di sini. Salah satunya perahu Titanic dan jembatan cinta. Bahkan beberapa pasangan yang hendak menikah memanfaatkan tempat wisata ini untuk lokasi foto prewedding.

Warna air di Situ Cipanten berubah-ubah. Kadang berwarna hijau tosca saat musim kemarau dan seketika berubah biru saat musim hujan. Saking jernihnya, Anda bisa melihat ikan-ikan berenang di tepi. Selain difungsikan sebagai tempat wisata, Situ Cipanten juga dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber perikanan air tawar serta sumber pengairan.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau, sekitar Rp5.000 - Rp10.000. Di ini ada beberapa fasilitas seperti penginapan, musala, kamar mandi, dan area parkir kendaraan. Jarak dari pusat Kota Majalengka sekitar 16 km. Anda bisa mengambil akses dari Majalengka menuju Rajagaluh, setelah itu menuju Desa Salagedang dan Kecamatan Sindang.


Editor : Vien Dimyati