Situ Patengan, Danau Eksotis di Bandung Dikelilingi Perkebunan Teh

Vien Dimyati ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 13:24 WIB
Situ Patengan, Danau Eksotis di Bandung Dikelilingi Perkebunan Teh

Wisata Situ Patengan (Foto : Instagram@wisata_ciwidey)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Bandung tanpa mengunjungi objek wisata Ciwidey memang belum lengkap. Kawah putih yang berada di Bandung Selatan ini memiliki daya pikat tersendiri.

Ada banyak yang bisa dikunjungi ketika berada di Ciwidey. Salah satunya Situ Patengan atau yang juga dikenal dengan sebutan Situ Patenggang.

Situ Patengan adalah danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat. Tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik.

Wisata Situ Patengan memang terkenal di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh perkebunan teh yang indah. Mulai dari perjalanan hingga sampai di lokasi, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau.

"Konon, nama Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya. Karena cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan "Batu Cinta"," tulis Instagram @wisata_ciwidey dikutip Kamis (27/2/2020).

Tidak hanya terkenal indah, Situ Patengan juga memiliki legenda tersendiri. Nama Situ Patengan disebutkan berasal dari kata pateang-teang (saling mencari).

Seperti biasa, legenda ini terkait dengan hubungan cinta. Konon di sini terdapat dua orang titisan dewa bernama Raden Santang dan Dewi Rengganis yang terpisahkan sekian lama.

Mereka pun kemudian saling mencari. Akhirnya bertemu di tempat yang sekarang bernama Batu Cinta. Dewi Rengganis kemudian mengajukan permohonan untuk dibuatkan danau dan perahu untuk mereka berlayar. Perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah Situ Patengan.

Wisatawan yang berada di sini, selain dapat menikmati keindahan alam juga bisa bermain wahana. Anda bisa berkeliling situ dengan menyewa perahu. Selain itu juga terdapat beberapa spot yang asyik untuk menikmati suasana sekitar.

Situ Patengan terletak di daerah Bandung Selatan, berdekatan dengan Kebun Teh Ciwalini. Posisi Situ Patengan sendiri terletak kurang lebih 5 kilometer setelah kawah putih, salah satu tempat wisata di Bandung yang sudah terkenal.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menuju lokasi melalui jalur Kopo-Soreang-Ciwidey-Situ Patengan. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, Anda hanya membayar tiket masuk Rp 18.000 per orang. Sarana tempat parkir tersedia luas, dilengkapi dengan toilet umum.

Selain itu juga terdapat villa tempat menginap yang berada tepat di pinggir Situ Patengan dan berada di bawah pengelolaan Perhutani. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan alam Situ Patengan?


Editor : Vien Dimyati