Spot Instagenik Yogya, Memandang Samudera Hindia di Teras Kaca Beach

Vien Dimyati ยท Jumat, 26 April 2019 - 12:35 WIB
Spot Instagenik Yogya, Memandang Samudera Hindia di Teras Kaca Beach

Memandang Samudera Hindia di Teras Kaca Beach. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tak perlu pergi ke China untuk merasakan sensasi menaiki jembatan kaca dari atas ketinggian. Di Daerah Istimewa Yogyakarta ada destinasi serupa. Namanya Teras Kaca Beach. Letaknya di pinggir tebing Pantai Nguluran, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meskipun tak semegah dan sepanjang jembatan Hongyagu di Shijiazhuang, Provinsi Hebei, China, Teras Kaca Beach cocok dijadikan spot selfie yang Instagramable. Keberadaan destinasi ini menarik perhatian pengunjung. Di Teras Kaca Beach, pengunjung bisa merasakan sensasi menegangkan berdiri di atas laut dengan ombak besar dan karang tajam di bawahnya. Bagi yang takut ketinggian, berada di sini pasti gemetaran.

"Naik Kapal pesiar dulu, guys! Ini dia Teras Kaca Beach. Ayo dolan ke sini. Lokasi pantai yang terletak di barat Pantai Gesing ini memiliki keunikan. Teras kaca ini menghadap ke Samudera Hindia. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat hamparan lautan untuk sisi selatan dan barat. Di sisi timur, kamu dapat menyaksikan batu karang. Cobalah untuk foto-foto di atas teras kaca di sini, dan lihat ke bawah, rasakan ombak besar dan batu-batu karang yang hanya beberapa meter dari tempatmu berdiri. wow!" tulis Instagram @ayodolan, Jumat (26/4/2019).

Teras Kaca Beach sebenarnya didesain untuk resor pribadi, bukan tempat wisata publik. Karena ada beberapa warga yang sering foto di tempat ini dan viral di media sosial, sang pemilik memutuskan dibuka untuk umum. Setiap hari, ratusan pengunjung rela antre hanya untuk berfoto di lokasi tersebut. Teras kaca ini memiliki luas 25 meter persegi. Konstruksi bangunan sudah memerhatikan standarisasi keamanan. Salah satunya dengan pemilihan kaca yang tebalnya 13 milimeter.

Selain Teras Kaca Beach, di sini juga ada spot foto instagenik lainnya seperti Giant Chair, Becak Terbang, Jogja Swing, Glass Boat, dan spot lain berupa kursi panjang berhadap-hadapan. Ada pula semacam mainan anak-anak yang justru menjadi indah dipakai tempat foto, karena didukung oleh latar lautan lepas dari atas tebing.

Lokasi Pantai Nguluran tak jauh dari Pantai Gesing. Sekitar 300 meter ke arah barat. Dari pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa melalui ringroad Jalan Wonosari. Setelah melewati kawasan Piyungan, lanjutkan perjalanan menuju Patuk. Sesampainya di lapangan terbang Gading, ambil arah kanan hingga masuk pasar Playen. Lanjutkan perjalanan melalui Paliyan menuju Girikarto ke lokasi Pantai Nguluran.

Untuk masuk ke lokasi pantai ini, pengunjung dikenakan biaya Rp5.000. Sementara untuk parkir motor dikenakan pungutan Rp3.000 dan mobil Rp5.000. Mengambil foto di spot teras kaca dikenakan pungutan lain Rp20.000. Spot foto lainnya ada yang dikenakan tarif Rp10.000. Namun tidak semua spot ada biayanya, spot dengan tempat sederhana seperti ayunan dan kursi indah tidak dikenakan biaya.


Editor : Tuty Ocktaviany