Spot Terbaik Berburu Sunset di Pantai Kenjeran, Bisa Lihat Jembatan Suramadu

Vien Dimyati ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 11:00 WIB
Spot Terbaik Berburu Sunset di Pantai Kenjeran, Bisa Lihat Jembatan Suramadu

Keindahan Pantai Kenjeren Surabaya (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia ini lebih dikenal sebagai kota industri. Tapi, juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk didatangi. Pantai Kenjeran salah satunya. Keistimewaan pantai ini tergambar jelas dari pengunjung yang hampir tak pernah sepi.

Pantai ini terbagi menjadi dua bagian, Pantai Kenjeran Lama dan Baru. Keduanya sama-sama menawarkan pesona alam yang menawan dan ragam aktivitas yang tidak membosankan. Untuk Pantai Kenjeran Lama, kegiatan yang bisa dilakukan lebih kepada wisata konvensional. Daya tarik utama Pantai Kenjeran Lama adalah pemandangan alam dan juga hembusan. Ombak yang tidak terlalu besar membuat pengunjung bebas beraktivitas di pantai dengan aman.

Anda juga bisa sewa perahu untuk menikmati suasana di tengah laut. Wisatawan bisa berwisata belanja dan kuliner di pantai ini. Satu hal menarik lainnya adalah Anda bisa melihat Jembatan Suramadu dari jarak yang lebih dekat dan melihat pulau pasir yang ada di tengah laut.

"Jembatan kayu yang dilengkapi gazebo menjadi salah satu spot tepat untuk bersantai melepas penat sembari menunggu sunrise atau sunset. Serunya lagi, dari Pantai Kenjeran kita bisa memandang Jembatan Suramadu yang menjadi salah satu ikon Kota Surabaya. Wah, rasanya senang bukan, berwisata ke tempat yang banyak spot cantik dan keren untuk berburu foto!" tuljs Instagram @Pesonaid_travel, dikutip Kamis (9/5/2019).

Pantai Kenjeran Baru disebut juga sebagai Kenpark atau Pantai Ria Kenjeran. Dibuatnya tempat wisata ini karena kawasan Pantai Kenjeran Lama mulai terlupakan dan sepi. Setelah dibangun Kenpark, Pantai Kenjeran Lama kembali dilirik. Perbedaan antara Pantai Kenjeran Lama dan Baru dari fasilitasnya yang lebih lengkap. Pantai Kenjeran Lama lebih menyajikan konsep wisata alami, Kenpark dibangun dengan konsep lebih modern.

Pengunjung tidak hanya menikmati suasana Pantai Kenjeran, tapi juga beberapa fasilitas menarik lainnya, seperti Pagoda Tian Ti, Kya-Kya Seaside, dan Dewi Kwan In. Ada juga waterpark dan playground yang memang dijadikan sebagai fasilitas menarik.

Hal seru lainnya di pantai ini, Anda bisa wisata kuliner mencicipi berbagai kuliner khas Surabaya, seperti rujak cingur, lontong balap, ikan bakar, dan masih banyak lainnya. Banyak penjual oleh-oleh khas Pantai Kenjeran, seperti ikan asin, kerupuk udang, suvenir, hingga ikan segar. Jika ingin menikmati indahnya panorama saat sunrise maupun sunset, ada penginapan yang letaknya agak menjorok ke arah pantai. Jadi, Anda bisa menikmati view dengan lebih leluasa.

Pantai Kenjeran Lama berada di Jalan Raya Pantai Lama, Kenjeran, Bulak, Surabaya. Sedangkan Pantai Kenjeran Baru di Jalan Sukolilo, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya. Keduanya memang berdekatan, karena sama-sama berada di kawasan Wisata Pantai Kenjeran Surabaya.

Berjarak sekitar 9 km dari pusat kota, membuat Pantai Kenjeran menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Surabaya. Pada akhir pekan, kadang ada kompetisi menarik seperti balapan di sirkuit Kenpark, balap kuda, barongsai, kompetisi layang-layang dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk Rp15.000 per orang. Biaya parkir Rp8.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.


Editor : Vien Dimyati