Tak Kalah dari Luar Negeri, Pilih 4 Destinasi Ini untuk Liburan 2019

Vien Dimyati ยท Sabtu, 05 Januari 2019 - 10:00 WIB
Tak Kalah dari Luar Negeri, Pilih 4 Destinasi Ini untuk Liburan 2019

Keindahan Gunung Rinjani (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Memasuki awal Tahun Baru 2019, tidak ada salahnya Anda mulai mengincar beberapa destinasi wisata menarik untuk dikunjungi ketika libur telah tiba. Tidak harus ke luar negeri, beberapa tempat wisata di Indonesia tidak kalah indah dan memiliki panorama menakjubkan.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga memiliki pantai-pantai indah, pegunungan, danau, hingga bukit-bukit nan hijau. Ingin tahu apa saja destinasi wisata 2019 yang dapat dijadikan inspirasi liburan? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Traveloka, Sabtu (5/1/2019).

Pura Luhur Uluwatu, Bali

Bali dijuluki sebagai Pulau Seribu Pura karena di sini terdapat banyak sekali pura sebagai tempat pemujaan kepada dewa-dewa, salah satunya adalah Pura Luhur Uluwatu yang terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Pura ini sendiri terletak di atas batu karang yang terjal dengan ketinggian sekitar 97 meter dari permukaan laut. Dari atas tebing, wisatawan bisa menyaksikan kemegahan Samudera Hindia yang biru sejauh mata memandang. Tidak hanya itu, letak pura yang berada di ujung barat daya Pulau Bali membuat tempat wisata ini digadang-gadang wisatawan sebagai lokasi paling baik di antero Bali untuk melihat matahari terbenam. Pura Watu juga dikenal sebagai lokasi terbaik untuk melihat pertunjukan Tari Kecak yang biasanya dimulai pukul 18.15 persis ketika matahari mulai kembali ke peraduannya.

Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan memang memiliki pantai dengan panorama yang eksotis. Siapa pun yang berkunjung ke sini pasti akan tersihir dengan keindahan alamnya. Paduan langit biru, air laut yang jernih berkilauan terkena pantulan cahaya matahari, dan pasir putih yang halus bak permadani akan semakin menyempurnakan liburan Anda bersama orang terkasih di sini. Pantai ini juga punya pesona bawah laut yang menakjubkan, lho. Jika Anda mendambakan suasana pantai yang lebih sepi, datanglah ke pantai di sisi barat karena suasana di sini tak seramai pantai Gili Trawangan di sisi timur yang ramai oleh aktivitas warga setempat.

Gunung Rinjani, Lombok, NTB

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya, ada ratusan ribu pendaki yang berjuang menaklukkan puncak Rinjani pada ketinggian 3.726 mdpl tersebut, terlebih pada saat menjelang 17 Agustus. Konon, Gunung Rinjani merupakan gunung dengan pemandangan terindah se-Asia. Di sini juga terdapat hamparan bunga edelweiss dan Danau Segara Anak yang merupakan spot menarik para pendaki untuk mendirikan tenda, mandi air hangat, maupun memancing ikan. Nah, sebelum memutuskan untuk mendaki, buatlah persiapan sematang mungkin. Tidak hanya bekal mendaki, tapi juga mental dan stamina. Kebanyakan pendaki menyerah di tengah jalan karena tidak punya persiapan yang matang.

Taman Nasional Gunung Kelimutu, Flores, NTT

Nusa Tenggara Timur juga memiliki tempat wisata dengan panorama yang tak kalah menakjubkan dibandingkan NTB, lho, salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Kelimutu. Taman ini terdiri dari bukit-bukit landai dan bergunung-gunung, dengan Gunung Kelibara setinggi 1.731 meter sebagai puncak tertingginya. Selain itu, di sini juga terdapat Gunung Kelimutu dan danau 3 warna yang terletak di puncak Gunung Kelimutu itu sendiri. Satu hal yang menarik, masyarakat sekitar menganggap bahwa perbedaan warna di setiap kubangan danau merupakan sesuatu yang keramat, maka tidak heran kalau di sini masih sering diselenggarakan upacara atau ritual khusus lengkap dengan sesajinya dalam rangka memohon keselamatan dan keberkahan.


Editor : Vien Dimyati