Terkenal Miliki Ombak Tenang, Travelling di Sangalaki Bisa Berenang Bareng Penyu

Vien Dimyati ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 09:11 WIB
Terkenal Miliki Ombak Tenang, Travelling di Sangalaki Bisa Berenang Bareng Penyu

Keindahan Pulau Sangalaki (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pulau Derawan selalu menjadi primadona ketika Anda travelling ke Kalimantan Timur (Kaltim). Tetapi, jika ingin mendapatkan pengalaman baru di Kaltim, sebaiknya Anda singgah ke Pulau Sangalaki.

Pulau Sangalaki merupakan salah satu pulau berukuran kurang lebih 15 hektare. Sanglaki merupakan satu dari banyaknya pulau-pulau di Kepulauan Derawan. Pulau ini terkenal memiliki ombak yang tenang. Bahkan, Anda dapat merasakan sensasi berenang bareng penyu.

"Masih dalam edisi trip ke Kalimantan Timur kemarin. Foto ini diambil di Pulau Sangalaki. Uniknya, di pulau ini sama sekali gak ada ombaknya, benar-benar tenang. Ditambah lagi pantainya punya pasir putih yang bersih banget, membuat Pulau Sanglaki cocok banget untuk kalian yang mau liburan tenang! Last but mot least, Pulau Sanglaki ini punya penangkaran Penyu, selain itu kalian juga bisa diving bareng Penyu dewasa di sekitar pulau ini! Jadi, kapan kamu kesini?," tulis Instagram @backpacker_indonesia dikutip Jumat (17/5/2019).

Pulau Sangalaki disinggahi oleh beberapa jenis penyu yang ada di dunia, dan rata-rata spesies yang terancam punah dan sangat langka. Beberapa di antaranya spesies penyu sisik dan penyu hijau yang biasa hidup dan bertelur di Pulau Sangalaki.

Berada di sini, traveler tak hanya dapat menikmati keindahan alam lautnya yang memesona. Anda juga dapat melihat penyu bertelur. Berjalan di sepanjang bibir pantai, Anda akan melihat jejak dan lubang penyu ketika bertelur.

Pulau Sangalaki adalah pulau kecil seluas 15 hektare di Kepulauan Derawan. Pantainya indah memiliki air laut jernih dan pasir putih lembut.

Tak hanya dapat melihat penyu. Traveler juga bisa melakukan aktivitas snorkeling melihat biota laut dan terumbu karang berwarna-warni. Jangan lewatkan untuk bermain ke taman lautnya, di mana tempat ikan Nemo berada.

Selain menyelam melihat terumbu karang, Anda juga dapat menyelam bersama pari manta yang eksotis. Pari manta adalah hewan laut langka yang jarang ditemui. Bahkan ada beberapa turis yang sengaja datang ke Pulau Sangalaki hanya untuk melihat pari manta ini. Di laut lepas, pari manta adalah ikan yang berbentuk seperti layang-layang lebar. Lebarnya bisa mencapai tujuh meter.

Jika tertarik mengunjungi Pulau Sangalaki, Anda bisa menyewa speed boat dari pulau lainnya di Kepulauan Derawan. Anda juga bisa menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Batu, Berau. Pelabuhan ini masih berada di area Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Untuk menuju Pelabuhan Tanjung Batu memerlukan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan darat.


Editor : Vien Dimyati