Terpikat Pantai Widodaren Gunungkidul, Tebing Karangnya Terlihat Unik

Vien Dimyati ยท Minggu, 17 Maret 2019 - 10:00 WIB
Terpikat Pantai Widodaren Gunungkidul, Tebing Karangnya Terlihat Unik

Keindahan Pantai Widodaren (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tumbuhan hijau dan hamparan pasir putih yang tidak terlalu luas menjadi daya tarik dari Pantai Widodaren di Gunungkidul. Deburan ombaknya tidak seganas pantai lainnya. Meski besar, suara yang ditimbulkan justru membuat suasana terasa tenang.

Pantai ini belum banyak dijamah wisatawan, jadi masih alami. Bagi Anda yang ingin menikmati kesunyian dan menghilangkan penat setelah beraktivitas sehari-hari, cobalah berkunjung ke sini.

"Buat kamu yang suka pantai dan camping, ada tempat yang recomended banget. Kebetulan malam minggu kemaren saya camping di sini bareng teman. Saya pikir malam minggu itu bakal rame banget. Ternyata salah, saat itu cuma ada enam orang. Cocok banget buat santai bareng teman lepasin penatnya kerja di Kota Yogyakarta," tulis Instagram @yogyakarta, dikutip Minggu (17/3/2019).

Pantai Widodaren terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Belum banyak yang tahu akan keberadaan pantai ini. Mungkin karena lokasi yang cukup jauh. Untuk mencapai Pantai Widodaren harus melalui jalan setapak, perbukitan dan hutan-hutan terlebih dahulu. Cocok buat traveler yang berjiwa petualang.

Kelebihan dari Pantai Widodaren bukanlah pasir putih ataupun garis pantainya, melainkan adanya tebing yang tepat berada di samping pantai. Tebing inilah yang menjadikan Pantai Widodaren terlihat unik dan instagenik. Didominasi rerumputan dan karang-karang tajam, pemandangan luar biasa bisa Anda saksikan dari atas bukit ini. Bentangan Laut Selatan terlihat tepat di depan mata.

Pantai ini kerap diburu wisatawan untuk camping. Menghabiskan waktu bersama teman, menikmati ombak dan angin laut di malam hari. Tebing Pantai Widodaren memiliki area yang cukup luas. Di beberapa titik tebing Pantai Widodaren terdapat spot-spot alami yang menarik dijadikan latar untuk berswafoto.

Di beberapa titik didominasi rerumputan, di titik lain didominasi karang-karang tajam yang terdapat genangan air dengan volume yang cukup banyak. Air di karang itu berasal dari ombak yang menghantam dasar tebing, sehingga airnya menyembur ke atas setinggi belasan meter. Fenomena ombak menyembur tidak hanya terjadi di satu titik, tetapi di sepanjang tebing pantai secara bergantian.

Anda bisa menyusuri bukit yang ada di sekitar pantai. Dari bukit itu, Anda dapat menikmati gugusan beberapa pantai lain yang letaknya tidak jauh dari Pantai Widodaren. Tak perlu khawatir mencari tempat istirahat. Pohon besar dan rindang banyak tumbuh di sekitar lokasi ini. Aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah bermain pasir dan berenang. Anda juga memancing di sini. Letaknya yang menjorok dan terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi sering digunakan pehobi mancing untuk menyalurkan hobinya.

Berkunjung ke pantai ini perlu persiapan matang karena belum adanya fasilitas. Memperhitungkan cuaca dan waktu juga sangat diperlukan, agar mendapat momen yang sangat pas. Jarak tempuh yang dibutuhkan juga cukup lama sekitar 45 menit hingga satu jam dari pusat kota Wonosari.

Ada dua cara untuk menuju Pantai Widodaren, pertama adalah menuju pantai Ngerenehan terlebih dahulu, selanjutnya trekking kurang lebih 40 menit ke arah timur melewati beberapa bukit. Cukup jauh namun bukan berarti rute ini tidak ada nilai lebihnya, karena selama trekking kita akan menjumpai dua pantai yang tidak kalah menarik. Rute yang kedua, dari Pantai Ngerenehan kita bisa terus memacu kendaraan ke arah timur melewati jalan berbatu yang cukup terjal selama 20 menit. Setelah itu dilanjutkan dengan trekking selama 20 menit.


Editor : Vien Dimyati