Terpikat Pesona Lereng Gunung Welirang Mojokerto, Indah Mirip Swiss

Vien Dimyati ยท Sabtu, 09 Maret 2019 - 10:00 WIB
Terpikat Pesona Lereng Gunung Welirang Mojokerto, Indah Mirip Swiss

Lereng Gunung Welirang Mojokerto (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Menikmati keindahan alam yang hijau dan sejuk menjadi aktivitas yang dapat dilakukan di Mojokerto, Jawa Timur. Traveler dapat singgah ke kawasan lereng Gunung Welirang.

Tempat ini menjadi spot eksotis untuk dijelajahi. Pemandangannya indah mirip dengan perkebunan teh yang ada di Swiss, Eropa. Di lereng ini, Anda dapat melihat kemegahan gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.156 mdpl. Gunung Welirang secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Seluruh lerengnya ditumbuhi beraneka ragam jenis tanaman hijau yang tersusun rapi.

Tanaman hijau itu merupakan kawasan hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

"Indahnya Kawasan Lereng Gunung Welirang. Sobat, nama Welirang atau Walirang dalam bahasa Jawa berarti Belerang. Gunung ini termasuk ke dalam kategori gunung berapi aktif dengan ketinggian mencapai 3.156 mdpl. Gunung Welirang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Selain itu, di sekitar lereng gunung ini ditumbuhi tumbuhan dari kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung. Referensi foto: (@didin_emelu)," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Sabtu(9/3/2019).

Tak hanya hamparan hijau tanaman yang dapat Anda nikmati. Di sini juga terdapat wisata alam air terjun yang masih alami. Air terjun tersebut, di antaranya Watu Ondo, Tutukan Sendi dan Lemahbang, Cangar. Lokasi wisata ini memang menjadi salah satu favorit wisata alam Gunung Welirang.

Ingin mendapatkan wisata yang lain, Anda dapat berkunjung ke Petung Sewu. Wisata yang satu ini menyuguhkan panorama pemandangan yang tak kalah indah. Khususnya bagi wisatawan yang suka berswafoto. Lokasi yang berada di lereng Gunung Welirang ini terdapat area berfoto dengan latar belakang lembah hutan bambu dan dua air terjun.

Jika cuaca lagi bagus, Anda dapat berswafoto dengan latar belakang keindahan puncak Gunung Welirang. Untuk mencapai kawasan wisata ini, traveler harus menyusuri jalan setapak yang membelah hutan selama 30 menit. Di sepanjang jalan, Anda akan dimanjakan dengan keindahan hutan belantara yang hijau di Taman Raya Raden Soerjo.


Editor : Vien Dimyati