Terpikat Taman Laut Pantai Nglambor Gunungkidul, Karangnya Unik

Vien Dimyati ยท Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:18 WIB
Terpikat Taman Laut Pantai Nglambor Gunungkidul, Karangnya Unik

Keindahan Pantai Nglambor (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi wisata menarik di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk dijelajahi. Apalagi jika Anda singgah ke Gunungkidul. Di sini terdapat objek wisata pantai yang menawan bernama Nglambor. Pantai Nglambor berbeda dengan pantai lainnya, sebab tempat ini lebih mirip dengan laguna kecil.

idak heran jika pantai ini relatif tenang dan aman bagi wisatawan. Meski lebih mirip dengan laguna, Pantai Nglambor memiliki taman laut yang eksotis untuk dijelajahi.

Pengunjung dapat melihat terumbu karang, ikan berwarna-warni dan biota laut yang beraneka ragam. Namun, ada satu pemandangan menarik lainnya di pantai ini, yaitu pemandangan dua pulau karang yang lebih mirip dengan kura-kura raksasa yang kerap dijuluki sebagai penjaga. Nama pulau karang ini adalah Watu Kalong dan Watu Kuntul.

"Pantai Nglambor adalah sebuah pantai eksotis, lokasinya persis di sebelah barat dari Pantai Siung dan sebelah timur dari Pantai Jogan. Jaraknya kurang lebih 74 km dari pusat kota Yogya. Pantai ini menawarkan panorama pantai yang indah terdapat dua batu karang besar yang menyerupai kura kura persis di depan teluknya. Air lautnya yang jernih menjadikan pengunjung bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota laut lainnya dari permukaan air. Para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk -#IGS_Yogyakarta," tulis Instagram @indogreatspot, dikutip Sabtu (23/3/2019).

Tak hanya menawarkan keindahan pantai. Jika beruntung, wisatawan yang datang ke sini juga dapat melihat kegiatan upacara yang disakralkan oleh penduduk setempat. Pantai Nglambor kerap mengadakan tradisi bernama ngalangi, yang artinya menghalangi dalam bahasa Jawa. Upacara ini merupakan kegiatan sedekah laut yang bertujuan untuk menghalangi penangkapan ikan secara liar. Penangkapanikan di kawasan Pantai Nglambor hanya dilakukan setahun sekali dengan menggunakan gawar atau jaring yang terbuat dari akar pohon wawar yang dipancang dan dihalau ke laut.

Pantai Nglambor berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak pantai ini sekitar 70 kilometer dari Kota Yogyakarta. Pantai ini terletak di antara Pantai Jogan dan Pantai Siung.

Jika dari Yogyakarta Anda dapat mengambil rute Yogyakarta - Piyungan - Wonosari - ke selatan (arah Pantai Baron) sekitar 9 km. Kemudian, ada pertigaan di Desa Mulo (50 meter setelah kolam renang), ambil ke kiri Jurusan Mentel - Bintaos - Tepus. Nanti akan bertemu pertigaan Winangun/Nangun, belok kanan lurus. Ada pertigaan, belok kanan menuju Pantai Nglambor.


Editor : Vien Dimyati