Tips Berwisata Menggunakan Sepeda, Lebih Asyik dan Menantang

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 18:58 WIB
Tips Berwisata Menggunakan Sepeda, Lebih Asyik dan Menantang

Asyiknya bersepeda. (Foto: Thatstuscany)

JAKARTA, iNews.id - Travelling merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, apalagi dilakukan bersama teman-teman. Bahkan, banyak yang melakukan travelling menggunakan sepeda karena lebih menantang.

"Kombinasi antara travelling dengan bersepeda membuat liburan menjadi lebih berbeda dan lebih seru," kata seorang pemandu wisata asal Depok, Dzikron, saat dihubungi iNews.id, Selasa (28/1/2020).

Meski terlihat mudah, Dzikron menyarankan untuk mempersiapkan safety riding yang lengkap agar perjalanan wisata menggunakan sepeda aman dan nyaman, serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan traveler sebelum berwisata menggunakan sepeda:

1. Tentukan Lokasi dan Rute Keberangkatan

Sebelum berangkat, tentukan lokasi wisata yang ingin dituju kemudian cari rute teraman untuk dilalui sepeda. Perhatikan pula jaraknya dan mengecek kondisi cuaca.

2. Cek Kendaraan

Mengecek sepeda itu memang tidak sesulit sepeda motor atau mobil. Tapi, tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi sepeda, apakah layak dipakai travelling atau tidak. Perhatikan bagian-bagian seperti ban, rem, dan rantai sepeda.

3. Safety Gear

Meski lebih aman dari mengendarai sepeda motor, menggunakan safety gear seperti helm, decker siku dan lutut, serta terpenting adalah helm sepeda agar tetap aman dan jangan meremehkan hal ini.

4. Jangan Membawa Barang Berlebih

Apabila traveler melakukan perjalanan wisata menggunakan sepeda dengan jarak yang jauh, pasti membutuhkan tenaga dan stamina ekstra. Agar bisa menghemat tenaga, sebaiknya membawa barang yang penting dan ringan.

5. Bawa Bekal

Bersepeda adalah kegiatan yang menguras banyak energi. Agar tubuh tetap fit dan tidak kehabisan energi, bekal ini sangat berguna sekali bagi Anda.

Bawalah makanan dan minuman secukupnya seperti pisang, karena menyimpan banyak energi. Selain itu, makanan wajib dibawa ketika bersepeda adalah sandwich selai kacang dan apel.

Itulah tips dan trik jika melakukan kegiatan travelling menggunakan sepeda. Jangan menggunakan headphone ketika di jalan, keselamatan sangat penting untuk bepergian jauh.


Editor : Tuty Ocktaviany