Weekend Liburan di Rumah sambil Menata Kamar, Ini Tipsnya

Vien Dimyati ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 19:21 WIB
Weekend Liburan di Rumah sambil Menata Kamar, Ini Tipsnya

Menata kamar saat liburan weekend (Foto : The Spruce)

JAKARTA, iNews.id - Liburan di rumah saat weekend menjadi momen paling ditunggu. Selain memasak, ada kegiatan lain yang bisa dilakukan. Salah satunya menata kamar tidur.

Bagi sebagian orang, kamar tidur merupakan tempat paling nyaman di rumah untuk beristiahat. Bahkan, ruangan pribadi ini kerap dijadikan tempat untuk bekerja.

Maka itu, menjadi hal penting jika kamar tidur di rumah harus tertata dengan rapi dan nyaman. Kondisi kamar berantakan, akan membuat penghuni tidak nyaman, pemandangan juga tidak sedap. Maka, Anda juga akan malas beraktivitas.

Daripada bingung harus menata kamar setiap hari, tidak ada salahnya mengikuti trik dalam menata kamar dengan baik dan benar.

Lalu, haruskah setiap orang menghabiskan banyak waktu untuk membereskan kamarnya agar terlihat lebih rapi? Berikut ulasan rangkumannya, Jumat (10/7/2020)

Kelompokkan Barang-Barang

Baik Anda sebagai penghuni kamar laki-laki atau perempuan, pasti memiliki barang-barang kecil di kamar. Misalnya, aksesori, skin care, gundam, atau action figure. Barang-barang ini sayang kalau tidak dirawat dengan baik. Barang-barang kecil ini akan terlihat berantakan jika tidak dirapikan.

Trik untuk mengatasi barang kecil terlihat rapi pilihannya adalah storage atau penyimpanan yang mencukupi dan mencoba seminimalis mungkin dalam mengoleksi barang. Dengan storage, Anda bisa mengelompokkan barang-barang ini menjadi lebih rapi dan mudah ditemui jika ingin menggunakan. Anda bisa memilih, mau storage berbentuk laci (drawer), wadah berbahan kain, atau box. Kemudian, simpan kumpulan storage ini di rak favorit.

Maksimalkan Gaya Minimalis

Untuk mengantisipasi kamar berantakan, Anda bisa memilih interior bergaya minimalis. Style ini akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki kamar sempit. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk ukuran kamar luas. Salah satu tips gaya minimalis untuk kamar adalah dengan memilih perabot atau peralatan yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa pekerjaan atau fungsi sekaligus. Misal, rak besi.

Dengan rak besi yang multifungsi, Anda bisa menempatkan barang-barang, seperti buku, sepatu, gantungan baju bahkan peralatan masak seperti microwave. Jadi bisa lebih rapi karena terfokus di satu area.

Lantai Kamar nan Rapi

Untuk Anda yang tinggal di kamar kos, di mana meletakkan hampir semua barang dalam satu ruangan, lantai yang bersih menjadi sangat penting. Ruangan akan terlihat lebih rapi jika bebas dari tumpukan sepatu, pakaian, sampah, dan benda-benda lainnya di lantai. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan gantungan baju atau rak sepatu agar lebih terorganisir.

Untuk mempercantik ruangan, tambahkan karpet di tengah ruangan. Bisa karpet bermotif bulu, bahan sintetis, atau sutra. Bisa pilih motif karikatur, warna polos atau abstrak. Tapi perlu diingat, beda bahan, beda treatment perawatannya. Jangan sampai karpet ini berhasil menghiasi ruangan namun tidak tahan lama karena bahannya rusak atau luntur sesudah dicuci.

Di samping itu, kebersihan lantai kamar juga penting dijaga. Sediakan waktu saat akhir pekan untuk membereskan dan membersihkan. Dari lantai yang bersih dan rapi, kamar bisa bebas semut atau nyamuk, yang pasti tidak akan mengganggu aktivitas harian di kamar. Selain itu, sisa ruangan yang ada bisa menjadi tempat menyimpan barang-barang seperti box atau koper.

Beres-Beres Meja

Jika di kamar Anda terdapat meja rias atau meja kerja, sebisa mungkin hindari menjadikannya sebagai area penumpukan barang-barang keperluan di kamar. Mulailah kebiasaan untuk meletakkan barang-barang Anda di kotak penyimpanan.

Anggap meja sekadar tempat persinggahan sehingga Anda hanya perlu menempatkan barang-barang yang tidak menetap dan memang rutin dipergunakan, seperti kunci, botol minum, atau buku.

Demikian halnya dengan meja rias. Jangan sampai kotak aksesori, skincare, atau make-up sampai berjubel bahkan membuat Anda kewalahan sendiri ketika ingin menggunakannya. Sebagai alternatif, tempatkan peralatan pada posisi berdasarkan urutan paling prioritas untuk dipakai. Namun, kembali lagi, ada baiknya jika meminimalisasi perlengkapan-perlengkapan ini agar hemat tempat di meja rias.

Peralatan Bersih-Bersih

Selain mengatur ulang posisi barang-barang di kamar, kerapian kamar juga didukung kebersihan. Oleh karena itu, penting untuk menyimpan peralatan bersih-bersih di kamar. Mulai dari sapu, pel, atau jika memungkinkan sediakan vacuum cleaner untuk penghisap debu. Rutin membersihkan perabot tertentu, seperti perabot kayu agar tidak berjamur atau kasur agar terhindar dari tungau. Ditambah lagi, rutinitas ini perlu Anda terapkan dalam membersihkan barang-barang koleksi Anda, seperti sepatu, tas, atau koper.

Editor : Vien Dimyati