Wisata Air di Waduk Samboja Kalimantan Timur, Sejuk Dikelilingi Hutan

Vien Dimyati ยท Senin, 14 Januari 2019 - 12:49 WIB
Wisata Air di Waduk Samboja Kalimantan Timur, Sejuk Dikelilingi Hutan

Keseruan berenang di Waduk Samboja (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling menikmati keindahan pegunungan, pantai, hingga air terjun mungkin sudah sering dilakukan. Namun apa jadinya jika Anda memilih berwisata murah meriah ke waduk atau bendungan.

Jika tertarik untuk bersantai di kawasan wisata waduk, cobalah untuk berkunjung ke Kalimantan Timur. Di sini, terdapat waduk tua yang dijadikan objek wisata unik. Tempat tersebut bernama Waduk Samboja.

Waduk ini berada di Desa Karya Jaya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Waduk Samboja dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk infrastruktur pengirigasian, PDAM, mengairi sungai kecil, dan kebutuhan masyarakat lainnya. Bendungan buatan ini memiliki kapasitas distribusi sebanyak 200 liter per detik.

Waduk ini dibangun pada 1959 hingga 2005 secara bertahap, menggunakan dana APBN dan dana bantuan. Sampai saat ini, pembangunan penunjang masih dilakukan. Air yang ditampung berasal dari Sungai Serayu dengan luas 22 km².

"Waduk Samboja awal mulai dibangun pada 1959 hingga 2005. Secara administratif waduk ini terletak di perbatasan Keluarahan Karya Jaya, Kelurahan Margomulyo dan Kelurahan Argosari. Warga sekitar memanfaatkan waduk ini untuk keperluan pertanian, memancing, mandi bagi yang bisa berenang dan kebutuhan lainnya," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Senin, (14/1/2019).

Waduk Samboja memiliki tipe bendungan urugan tanah homogen dengan lebar puncak tujuh meter, panjang bendungan 400 meter, dan tinggi maksimum lima meter. Waduk ini berfungsi untuk peningkatan irigasi, yang mengairi areal persawahan seluas 1.167 hektare di Kecamatan Samboja.

Bagi warga setempat, keindahan Waduk Samboja mungkin sudah tidak asing lagi. Namun, bagi masyarakat umum, waduk ini belum terlalu dikenal. Padahal, waduk ini menawarkan keindahan dan pesona yang tidak kalah indah dengan tempat-tempat wisata lain. Banyak pengunjung yang datang berwisata menikmati keasrian Waduk Samboja tanpa harus menarik uang sepeser pun.

Momen paling indah di lokasi tersebut yaitu pada pagi hari saat sunrise, serta sunset pada sore hari. Pengunjung juga dapat berolahraga seperti jogging dan memancing. Tak jarang pula pengunjung datang hanya untuk berselfie untuk mengabadikan momen indah di waduk ini.

Suasana sejuk dan alami yang disuguhkan membuat traveler merasa tenang dan nyaman. Waduk ini juga dapat menjadi spot yang asyik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, pasangan atau rekan kerja.

Waduk Samboja letaknya sekitar 48 km dari Kota Balikpapan. Akses jalan menuju lokasi sudah diaspal. Jika tertarik mengunjungi Waduk Samboja, disarankan untuk bertanya kepada penduduk lokal. Sebab, papan penunjuk arahnya sangat kecil dan tidak terlihat. Bagaimana, penasaran ingin mengeksplor Waduk Samboja di Kalimanta Timur?


Editor : Vien Dimyati