Wisata Klaten, Umbul Manten Tak Kalah Instagenik dari Umbul Pongok

Vien Dimyati ยท Selasa, 23 April 2019 - 19:20 WIB
Wisata Klaten, Umbul Manten Tak Kalah Instagenik dari Umbul Pongok

Umbul Manten Tak Kalah Instagenik dari Umbul Pongok (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kabupaten Klaten berada tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta. Berjuluk Kota Seribu Candi, Klaten memang memiliki daya tarik tersendiri. Sumber daya alam yang dimiliki wilayah dengan luas mencapai 655,56 km2 ini sangat menakjubkan. Salah satunya, destinasi wisata yang sedang nge-hits dan menjadi perbincagan netizen, namanya Umbul Manten.

Tempat wisata ini memang belum terlalu dikenal seperti Umbul Pongok, Jolotundo atau wisata umbul lainnya. Namun, banyaknya wisatawan yang membagikan foto-foto kunjungannya ke Umbul Manten di media sosial, membuat destinasi wisata ini mulai hits. Bahkan tak kalah instagenik dari Umbul Pongok.

"Umbul Manten merupakan tempat wisata berenang dengan sumber mata air yang alami. Ditambah lagi, di lokasi Umbul Manten terdapat banyak pepohonan besar dan rindang. Jadi sensasi segarnya dobel, sumber mata air alami plus lokasinya yang terhindar dari paparan matahari langsung. Yuk, dolan ke sini!," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Selasa (23/4/2019).

Salah satu potensi yang ada di kawasan ini antara lain berdirinya pohon jenis ipik. Saking banyaknya, kawasan ini terlihat jarang ditembus sinar matahari. Panorama sawah hijau di kanan dan kiri juga menambah asri pemandangan. Selain berenang, wisatawan juga bisa bersantai di bawah pohon dan juga berswafoto dengan latar pohon besar.

Umbul Manten sendiri memiliki air yang sangat jernih, bahkan bebatuan di dasar kolam bisa terlihat jelas dari atas. Terlebih lagi jika menyelam, Anda dapat melihat bebatuan di dasar kolam dengan jelas. Airnya sangat jernih, sehingga juga dapat melakukan foto di dalam air.

Umbul Manten memiliki sumber mata air yang selalu mengalir dan jernih. Ada tiga tempat yang dapat dinikmati di sini, yaitu kolam utama, yang berukuran cukup kecil. Kedalamannya bisa mencapai 1,5 meter. Air di kolam ini tidak bisa keruh, karena dasar dari kolam adalah bebatuan. Ada juga kolam di sisi timur kolam utama. Tinggi kolam ini sepinggang orang dewasa. kolam ini biasanya diisi oleh anak-anak. Lalu, ada aliran sungai yang dangkal. Pada aliran sungai, wisatawan dapat menikmati kesejukan air dari sumber alami.

Berwisata ke sini, Anda disarankan untuk membawa baju ganti. Apalagi jika akan melakukan sesi foto underwater, persiapkan segalanya termasuk kamera untuk sesi foto. Umbul Manten berada di Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sekitar empat kilometer dari jalur utama Yogyakarta – Solo. Akses jalannya sudah bagus. Untuk rute menuju Umbul Manten, dari Pusat Kota Klaten ambil arah menuju Jatinom kemudian menuju ke Jalan Janti, dari sana Anda tinggal ikuti papan petunjuk saja.


Editor : Vien Dimyati