Wisata Kolam Abadi Pelaruga, Tersembunyi di Tengah Hutan Kota Langkat

Vien Dimyati ยท Jumat, 08 Februari 2019 - 09:10 WIB
Wisata Kolam Abadi Pelaruga, Tersembunyi di Tengah Hutan Kota Langkat

Kolam Abadi Pelaruga (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Selalu saja ada hal menarik yang dapat dijelajahi ketika Anda travelling ke Sumatera Utara. Salah satunya Kota Langkat, yang bisa Anda kunjungi. Di sini, terdapat berbagai objek wisata menarik, yaitu Kolam Abadi Pelaruga.

Objek wisata ini tepatnya berada di Desa Galuh Kecamatan Sungai Bingai, Langkat. Dinamakan Pelaruga karena objek wisata Desa Rumah Galuh ini dijaga dan dilestarikan oleh salah satu komunitas pemandu alam yang bernama Pelaruga (Pemandu Alam Rumah Galuh). Kalau nama aslinya adalah air terjun teroh-teroh yang dalam bahasa Batak berarti 'bawah-bawah'. Dinamakan teroh-teroh, karena air pada wisata alam ini berasa dari mata air yang sangat jernih dan bersih.

Kolam abadi ini terlihat eksotis karena memiliki air berwarna kebiru-biruan dan juga jernih. Suasananya sangat tenang dan sejuk karena tersembunyi di tengan hutan Kota Langkat.

"Namanya Kolam Abadi Pelaruga, dinamakan Kolam Abadi mungkin karena air kolam ini yang sangat jernih. Sejatinya ini adalah mata air yang membentuk seperti air terjun di bagian atasnya. Ketika matahari menyibak kolam ini, maka akan terlihat cahaya yang memantul. Bagian dasar kolam pun akan sangat terlihat jelas seperti kaca. Airnya bisa diminum langsung karena memang ini bersumber dari mata air alami," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Jumat (8/2/2019).

Jika Anda suka dengan tantangan uji adrenalin, cobalah untuk melompat dari bebatuan setinggi 4 meter atau lebih, menuju kolam abadi. Setelah menceburkan diri, biarkan badan hanyut mengikuti arus. Ini menjadi sensasi berwisata yang asyik dan unik.

Kolam abadi ini memiliki aliran sungai yang sama dengan Air Terjun Tongkat yang dalamnya sekitar dua sampai tiga meter. Jika tertarik ingin berenang di kolam abadi ini, Anda dapat menempuh perjalanan menuju Pelaruga. Ketika sampai di Pelaruga, Anda harus ditemani ranger yang siap memandu perjalanan menuju kolam abadi.

Biasanya, satu ranger mengawasi sepuluh orang pengunjung. Sebelum memulai perjalanan, Anda akan diberi perlengkapan sebelum mandi. Setiap pendatang diwajibkan mengenakan baju pelampung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hanyut oleh arus yang deras di tempat pemandian.


Editor : Vien Dimyati