Wisata Unik di Tanah Langkat, Mandikan Gajah di Tengah Hutan Tropis

Vien Dimyati ยท Senin, 03 Desember 2018 - 15:21 WIB
Wisata Unik di Tanah Langkat, Mandikan Gajah di Tengah Hutan Tropis

Tanah Langkat jadi salah satu destinasi menarik wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Sumatera Utara, Anda tidak harus selalu berkunjung ke Danau Toba atau Berastagi. Traveler bisa mengunjungi hutan tropis di Tangkahan Langkat. Berada di kawasan wisata ini, Anda akan disajikan dengan pemandangan gajah-gajah. Bahkan, bisa melihat atraksi wisata unik yaitu memandikan gajah.

Tangkahan dikenal sebagai tempatnya gajah-gajah liar. Kegiatan unik ini jarang ditemukan di tempat wisata lain. Tak hanya dapat memandikan gajah, traveler juga dapat menunggangi sambil menjelajahi hutan dan Sungai Buluk.

"Hai, animal lovers! Sudah pernah ngerasain sensasi mandiin gajah? Kalau belum dan penasaran, kalian wajib berkunjung ke Tangkahan. Orang Medan pasti sudah familiar dengar Tangkahan yang identik dengan gajah. Yap, Tangkahan adalah kawasan ekowisata di Kabupaten Langkat. Panorama alamnya yang menakjubkan membuat Tangkahan sering dijuluki The Hidden Paradise di Sumatera Utara. Meskipun tersembunyi, namun tempat ini sudah lama dikenal oleh turis mancanegara. Berbagai macam pohon yang tumbuh serta vegetasi hutan tropis berpadu dengan lahan berbukit-bukit menjadikan Ekowisata Tangkahan tidak hanya sekadar tempat wisata namun juga dapat menjadi tempat belajar mengenai alam, mahluk hidup, flora dan fauna. Kegiatan yang paling seru di Tangkahan ialah ‘mandiin gajah’. Unik dan pastinya jarang kita temui di tempat wisata lain. Karena Tangkahan memang lebih dikenal sebagai tempatnya gajah-gajah liar. Nah, Sumatera Utara masih punya banyak destinasi yang se-menarik Tangkahan," tulis Instagram Pesonaid_Travel, Senin (3/11/2018).

Tangkahan merupakan pusat konservasi gajah. Traveler yang berkunjung dapat berwisata petualangan di alam liar.

Tidak sulit menuju Tangkahan karena sudah tersedia bus yang siap mengantarkan sampai ke tujuan. Jika wisatawan dari luar pulau, setibanya di Bandara Kualanamu bisa menggunakan Damri ke Terminal Pinang Baris, lalu dilanjutkan menuju Tangkahan dengan perjalanan empat sampai lima jam. Setiba di Tangkahan, biasanya ada pemandu wisata yang siap mengantarkan ke berbagai tempat.

Wisata Tangkahan Langkat berada di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumut. Jarak dari Medan sekitar 120 km, dan merupakan daerah hutan tropis Sumut yang jauh dari keramaian.


Editor : Tuty Ocktaviany