Wishnutama: 1.000 Pelaku Parekraf Bali Ditargetkan Sertifikasi CHSE Tahun Ini

Vien Dimyati ยท Sabtu, 28 November 2020 - 11:09:00 WIB
Wishnutama: 1.000 Pelaku Parekraf Bali Ditargetkan Sertifikasi CHSE Tahun Ini
Kemenparekraf targetkan 1.000 pelaku usaha di Bali sertifikasi CHSE (Foto: Kemenparekraf)

Konsep dari kegiatan ini adalah walkthrough secara menyeluruh di mana proses sosialisasi dimulai sejak pengunjung melaksanakan registrasi, dilanjutkan pada setiap titik perjalanan yang dilewati oleh pengunjung yaitu ketika memasuki area acara hingga para pengunjung selesai menyaksikan acara.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani, dalam paparannya menjelaskan CHSE Experience merupakan salah satu bentuk dukungan dari pemerintah bagi para pelaku industri event di Indonesia terkait dengan panduan pelaksanaan kegiatan event yang sesuai dengan adaptasi kebiasaan baru.

Pihaknya mendorong para pelaku usaha yang telah menerapkan protokol kesehatan, juga melakukan sertifikasi CHSE, karena hal ini yang dapat memberikan rasa aman dan percaya tiap wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Sementara, Produser Seni Pertunjukan dan Aktris, Happy Salma mengatakan, dalam menerapkan protokol kesehatan, dia mengaku belajar banyak dari masyarakat Bali, karena menurutnya masyarakat Bali memiliki kesadaran yang luar biasa secara psikologis. Masyarakat dan pemerintah benar-benar bersatu untuk membuat wisatawan merasa aman dan tenang.

“Spirit ini yang saya gunakan ketika membuat kegiatan seni pertunjukkan, saya harus mampu membangun psikologis yang aman dulu dan secara spiritual orang Bali itu yakin dan tidak putus asa dalam menghadapi pandemi. Serta, masyarakat Bali memiliki nurani yang menyadari mereka bahwa Covid-19 itu nyata. Masyarakat Bali sadar untuk menjaga kesehatannya,” kata Happy Salma.

Editor : Vien Dimyati