Wishnutama Siapkan Hotel untuk Tampung Tenaga Medis dan Isolasi Mandiri

Vien Dimyati ยท Senin, 23 Maret 2020 - 14:37 WIB
Wishnutama Siapkan Hotel untuk Tampung Tenaga Medis dan Isolasi Mandiri

Kemenparekraf siapkan hotel untuk tenaga media Covid-19 (Foto : Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 ini sudah ditetapkan sebagai Pandemik oleh WHO. Penyebarannya sangat masif.

Untuk mencegah penyebaran meluas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang bekerja sama dengan hotel jaringan menyiapkan beberapa hotel di daerah.

Rencananya hotel-hotel tersebut akan digunakan menjadi tempat tinggal sementara bagi para tenaga medis dan gugus tugas Covid-19. Bahkan, jika diperlukan akan menjadi tempat isolasi mandiri.

"Pemerintah tidak hanya mengatasi Covid-19 dari sisi kesehatannya saja. Pemerintah sedang siapkan kebijakan untuk mengurangi dampaknya, terutama untuk sektor pariwisata dan ekraf," kata Menparekraf Wishnutama Kusubandio, dalam Press Statement terkait sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19, di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Menurut Wishnutama, kebijakan ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Saat ini Kemenparekraf sedang berkoordinasi ddngan kementerian dan lembaga terkait untuk mewujudkan langkah tersebut.

"Jaringan hotel ini akan menjadi sarana tempat tinggal tenaga medis dan gugus tugas Covid-19 di berbagai daerah agar mereka lebih dekat dengan RS. Jika diperlukan hotel ini bisa dijadikan tempat isolasi mandiri," kata Wishnutama.

Bahkan, Wishnutama telah berkoordinasi secara khusus Kepala BNPB. Selain menyediakan hotel-hotel, Kemenparekraf juga bekerja sama dengan transportasi untuk membantu para tenaga medis yang menangani Covid-19 dan para gugus tugas Covid-19.

"Kemenparekraf juga bekerja sama dengan transportasi untuk membantu pekerja medis dan gugus tugas Covid-19," katanya.

Namun, lanjut Wishnutama, untuk menangani dampak Covid-19 ini diperlukan kerja sama dari berbagai pihak dan kalangan masyarakat. Dia mengajak pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif beserta masyarakat untuk saling membantu dalam kondisi yang tidak mudah.

"Khususnya para pelaku ekonomi kreatif seperti televisi, film, rumah produksi, conten creator, radio, animasi, desain grafis, artis seniman, musisi, dan berbagai kalangan di daerah. Saya mohon untuk aktif membantu pemerintah menangani Covid-19. Kami melihat sudah banyak inisiatif dari pelaku kreatif. Saya apreaiasi dan banyak terima kasih. Peran pelaku kreatif banyak membantu," tuturnya.


Editor : Vien Dimyati