Yuk Jelajahi Pulau Pasir di Belitung, Muncul saat Air Laut Surut

Vien Dimyati ยท Senin, 01 April 2019 - 11:45 WIB
Yuk Jelajahi Pulau Pasir di Belitung, Muncul saat Air Laut Surut

Pesona Pulau Pasir di Belitung. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Belitung memang terkenal dengan keindahan pantainya yang luar biasa. Beberapa pantai indah di Belitung antara lain Pantai Batu Berlayar, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Burung, Pantai Tinggi, dan masih banyak lagi. Tak hanya pantai, Belitung juga memiliki pulau yang unik. Pulau ini hanya ada saat air sedang surut. Namanya Pulau Pasir.

Sebetulnya, nama lain pulau ini adalah Pulau Gosong. Namun, orang-orang lebih mengenalnya dengan Pulau Pasir. Sebab, sejauh mata memandang yang terlihat hanya hamparan pasir. Ukuran Pulau Pasir sangat kecil, tidak butuh waktu lama untuk mengelilingi pulau ini. Meskipun berukuran kecil, pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Tidak percaya, lihat saja gambar di bawah ini.

"Serasa terdampar, tapi tak ingin pulang. Apalagi ketemu biota laut nan cantik ini. Bintang laut nan menggemaskan ini bisa sobat Pesona temui di pinggiran Pulau Pasir, Belitung. Kamu juga bisa berfoto dengan bintang laut ini dilatarbelakangi pemandangan alam yang sekelilingnya indah. Pulau Pasir sendiri hanya berbentuk gundukan pasir di tengah laut. Pasir pantainya yang putih dan lembut. Bikin nyaman dan betah berkeliling mengitari pulau. Selain di Pulau Pasir, kamu pernah ketemu hewan ini di mana?" tulis Instagram @pesonaid_travel, Senin (1/4/2019).

Berada di Pulau Pasir memang seperti terdampar layaknya di sebuah pulau. Bedanya yang ada di sini hanyalah gundukan pasir. Gundukan pasir di pulau ini lembut dan putih. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan air laut berwarna hijau dengan birunya langit yang bersih. 

Satu hal yang jangan sampai dilewatkan, yaitu menceburkan diri ke laut di sisi utara Pulau Pasir. Airnya jernih dan dangkal, di bawahnya hanya ada pasir putih halus dalam sebaran yang landai dan luas. Anda bisa melihat sampai ke dasar laut, melihat binatang spesial penghuni Pulau Pasir. Bintang laut merah besar. Bintang laut ini banyak sekali tersebar di perairan sekitar pulau ini.

Pengunjung biasanya tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto bersama makhluk-makhluk unik ini. Jangan lupa jika sudah cukup lama berfoto-foto dan bermain dengan bintang laut, segera kembalikan ke habitatnya agar tidak mati.

Pulau Pasir sebenarnya bukanlah pulau. Tempat ini adalah sebuah gosong, yaitu tumpukan daratan yang hanya terdiri atas pasir. Tumpukan pasir yang membentuk pulau ini hanya akan muncul pada saat air surut. Saat pasang, hampir seluruh daratan tenggelam di bawah laut. Pulau ini tidak luas. Hanya berukuran kurang lebih setengah lapangan bola.

Tidak ada benda lain di pulau ini selain tumpukan pasir putih yang halus khas Belitung. Pemandangan di sekitarnya sangat indah dan cantik. Pasalnya, lokasi Pulau Pasir terletak di antara beberapa pulau yang berdekatan satu sama lain, seperti Pulau Kepayang, Pulau Babi, Pulau Tukong Kelayang dan Pulau Batu Berlayar.

Anda yang ingin berkunjung ke Pulau Pasir, datanglah saat musim panas, sekitar April-September. Jika datang pada musim hujan, bisa jadi pulaunya akan tenggelam.


Editor : Tuty Ocktaviany