10 Makanan Lezat yang Populer saat Lebaran, Opor hingga Nastar

Siska Permata Sari ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 18:52 WIB
10 Makanan Lezat yang Populer saat Lebaran, Opor hingga Nastar

Opor menjadi salah satu makanan favorit saat Lebaran. (Foto: Unileverfoodsolutions)

JAKARTA, iNews.id - Lebaran merupakan momen merayakan kemenangan sekaligus ajang silaturahmi dan kumpul-kumpul bersama keluarga serta kerabat. Tak hanya menjadi momen ibadah dan silaturahmi, Lebaran juga sangat erat kaitannya dengan makanan-makanan khas yang selalu muncul di setiap Hari Raya Idul Fitri.

Apalagi di Indonesia memiliki kekayaan ragam makanan yang selalu muncul setiap tahun di hari Lebaran. Di antara merupakan makanan khas Indonesia dari berbagai daerah, serta kuliner yang diadaptasi dari Asia Selatan yang tak jarang menjadi menu spesial saat Idul Fitri.

Yuk, intip 10 menu makanan saat Lebaran yang dirangkum iNews.id, Kamis (16/5/2019).

1. Ketupat

Lebaran rasanya tidak afdol jika tanpa ketupat. Makanan khas Lebaran pengganti nasi ini, berbahan dasar beras dan dibungkus dengan pembungkus yang terbuat dari anyaman daun kelapa muda.

2. Opor Ayam Kampung

Pendamping ketupat yang paling sempurna adalah opor ayam kampung. Sesuai namanya, masakan bersantan ini terbuat dari daging ayam kampung yang beda dan lezat.

3. Rendang

Terkenal sebagai makanan khas dari Sumatera, rendang atau randang menjadi menu khas Lebaran di berbagai daerah di Indonesia. Rendang dikonsumsi sebagai pendamping ketupat dan opor.

4. Sambal Goreng Ati

Pelengkap tiga menu utama tadi yang tak boleh ketinggalan adalah sambal goreng ati. Terbuat dari kentang dan hati ampela ayam, biasanya sambal goreng ati dibuat dengan bumbu sambal dan tambahan petai.

5. Sayur Labu

Sayur ini memiliki kuah santan dan berbahan labu siam yang dipotong memanjang seperti korek api. Biasanya, dikonsumsi dengan dicampur dengan sayur opor atau sebagai pengganti opor ayam dan didampingi oleh rendang, sambal goreng ati, dan kerupuk.

6. Kacang Bawang

Camilan mudah dibuat dan selalu hadir ketika perayaan termasuk hari Lebaran adalah kacang bawang. Rasa gurihnya enak disajikan ketika berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

7. Kolang-kaling

Kolang-kaling adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong yang biasanya dicampur dengan sirup manis dingin atau ketan hitam.

8. Nastar

Camilan lainnya yang tak kalah khas di momen Lebaran adalah kue nastar. Kue kering ini terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur yang diisi dengan selai buah nanas.

9. Kastengel

Kue lain yang masih menjadi kerabat dekat kue nastar adalah kastengel. Jika nastar biasanya diisi dengan selai buah nanas, kastengel terbuat dari tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju.

10. Nasi Biryani

Nasi biryani atau biriani, beriani, atau briyani adalah hidangan berupa nasi yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran, atau daging. Makanan ini berasal dari Asia Selatan, namun tak jarang juga dihidangkan di Indonesia, khususnya di momen-momen spesial seperti Lebaran.


Editor : Tuty Ocktaviany