3 Ide Kombinasi Buah untuk Sarapan, Cocok Tingkatkan Sistem Imun

Siska Permata Sari ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 09:00 WIB
3 Ide Kombinasi Buah untuk Sarapan, Cocok Tingkatkan Sistem Imun

Kombinasi buah untuk sarapan (Foto : Healthline)

JAKARTA, iNews.id - Sarapan memiliki peran penting bagi kesehatan. Sarapan dapat menjadi sumber energi di awal hari, menekan makan berlebih di siang hari, mencegah kenaikan berat badan, hingga meningkatkan kerja otak.

Manfaat-manfaat sarapan tersebut dapat dirasakan ketika mengonsumsi makanan-makanan sehat di pagi hari. Salah satu makanan sehat untuk dijadikan sarapan adalah buah-buahan.

Buah-buahan, mengandung kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari serat, vitamin, bahkan lemak. Oleh sebab itu, ide makan buah menjadi hal baru yang bisa Anda mulai sejak saat ini. Apalagi, asupan makanan sehat dan bergizi sangat penting di tengah masa pandemi virus corona (Covid-19).

Berikut empat ide kombinasi buah-buahan yang cocok untuk sarapan, seperti dilansir dari Healthline, Kamis (28/5/2020).

Kombinasi buah anti-inflamasi

Ide yang pertama adalah mencampurkan antara buah ceri, nanas dan blueberry. Nanas dikemas dengan vitamin C dan mengandung enzim yang disebut bromelain yang mengurangi peradangan usus, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan merangsang pencernaan protein.

Kemudian blueberry, sarat dengan antioksidan, vitamin A , C, dan E. Buah blueberry dan ceri juga mempunyai Anthocyanin, antioksidan utama yang berfungsi untuk sistem kekebalan tubuh.

Kombinasi buah untuk tambahan energi

Jika Anda mencari sarapan yang bisa memberikan energi, cobalah kombinasi buah: pisang, alpukat dan apel. Pisang, misalnya, dapat memberikan energi pada tubuh. Kemudian alpukat mengandung lemak alami yang dapat memperlambat pencernaan. Lalu apel mengandung tinggi serat dan akan membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lama.

Kombinasi buah untuk detoks

Habis makan makanan berlemak dan manis selama Lebaran, sehingga ini waktu yang tepat untuk detoks? Cobalah paduan buah-buahan ini yakni goji berry, semangka, dan lemon. Hal ini karena semangka mengandung agen detoksifikasi utama yang disebut glutathione. Ia juga sumber likopen dan vitamin A dan C, yang selanjutnya membantu dalam detoksifikasi dan memerangi radikal bebas.

Kemudian lemon juga detoxifier yang kuat dan memiliki kualitas antibakteri dan antivirus. Lalu goji berry mengandung antioksidan, vitamin A, B, C, dan E, zat besi, serta kolin, yang dibutuhkan hati untuk proses detoksifikasi.

Editor : Vien Dimyati