4 Tips Bikin Mi Instan Lebih Sehat

Siska Permata Sari ยท Selasa, 28 April 2020 - 17:05 WIB
4 Tips Bikin Mi Instan Lebih Sehat

Membuat mi instan lebih sehat (Foto : Eating well)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak suka mi instan? Makanan cepat saji yang disukai banyak orang. Tak hanya mudah dan cepat dibuat demi mengatasi rasa lapar, mi instan juga lezat dan tak jarang bikin ketagihan.

Tapi yang kita semua tahu, dalam satu kemasan mi instan mengandung rendah kalori, serat, protein dan mengandung tinggi lemak, karbohidrat, sodium dan mikronutrien.

Meski demikian, jangan khawatir. Anda bisa membuat mi instan lebih sehat dengan tips-tips berikut ini. Apa saja? Mari simak informasinya seperti dirangkum iNews.id dari Eating Well, Selasa (28/4/2020).

Kurangi Bumbu dari Kemasan

Seperti yang disebutkan tadi, mi instan mengandung sodium tinggi. Ini berasal dari paket bumbu yang ada pada kemasan. Sehingga jika Anda ingin membuatnya lebih sehat, disarankan untuk mengurangi pemakaian bumbu dari kemasan. Cobalah gunakan setengah dari bungkusan bumbu dan gantikan dengan rempah-rempah yang tersedia di rumah.

Tambahkan Sayuran

Mi instan sangat rendah kalori dan tidak memiliki serat. Jadi, cobalah mencampurkan mi instan Anda dengan menambahkan sayur-sayuran favorit ke mangkuk Anda. Misalnya, wortel, seledri, sawi, dan sebagainya. Utamanya, pilihlah sayuran yang mengandung tinggi vitamin dan antioksidan.

Tambahkan Protein

Mi instan juga rendah protein, sehingga Anda perlu menambahkan asupan protein tersebut dengan memasukkan potongan ayam, daging, udang matang, atau bisa juga pakai telur rebus.

Pakai Rempah-Rempah

Mengurangi bumbu artinya mengurangi rasa dari mi instan tersebut. Oleh sebab itu, gantikan dengan rempah-rempah yang ada di rumah. Misalnya, bawang putih, bubuk kari, jahe kering dan serpihan cabai merah. Bisa juga ditambahkan dengan daun ketumbar dan daun bawang.

Selamat mencoba!

Editor : Vien Dimyati