5 Buah-buahan Segar Ini Bisa Cegah Kolesterol setelah Konsumsi Daging Kurban

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 08:53 WIB
5 Buah-buahan Segar Ini Bisa Cegah Kolesterol setelah Konsumsi Daging Kurban

Buah-buahan yang bisa turunkan kolesterol (Foto : Everyday Health)

JAKARTA, iNews.id - Lebaran Idul Adha identik dengan makanan yang mengandung kolesterol karena berbahan dasar daging. Daging kambing atau sapi, keduanya sangat lezat ketika disajikan sebagai gulai, tongseng atau sate. Tetapi, di balik makanan lezat ini terdapat kolesterol yang mengintai.

Jangan khawatir, ada beberapa makanan terutama buah-buahan yang bisa menurunkan kadar kolesterol seusai menyantap daging.

Lantas, buah-buahan apa saja yang bisa menurunkan kolesterol seusai menyantap hidangan daging kurban? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (31/7/2020).

1. Alpukat

Selain cocok untuk diet, ternyata alpukat bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Hal ini karena alpukat memiliki kandungan berupa pektin atau sejenis nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Selain pektin, alpukat juga kaya akan kandungan vitamin, mineral serta senyawa yang mampu menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

2. Apel

Selain alpukat, buah yang juga memiliki kandungan pektin dalam jumlah yang besar adalah apel. Seperti diketahui, pektin menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses.

3. Jambu Biji

Jambu biji memiliki kandungan nutrisi berupa kalium yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Selain itu, kandungan dalam buah jambu biji juga bisa membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua