5 Kuliner Khas Samarinda Bisa Bikin Ketagihan

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 23 Agustus 2018 - 19:10 WIB
5 Kuliner Khas Samarinda Bisa Bikin Ketagihan

Kota Samarinda yang terletak di tepian Sungai Mahakam, Kalimantan Timur punya warisan kuliner yang menarik untuk ditelusuri. (Foto: Okezone/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Samarinda tidak hanya tersohor dengan kekayaan alam, perkebunan dan tambangnya. Kota yang terletak di tepian Sungai Mahakam, Kalimantan Timur ini ternyata punya warisan kuliner yang menarik untuk ditelusuri.

Diberkati perpaduan budaya Melayu dan Jawa, kuliner Samarinda menawarkan cita rasa eksotis. Tak heran, di Samarinda Anda dapat menemukan beragam aneka makanan yang sering ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatera. Namun, ada sedikit perbedaan yang membuatnya berbeda dari kuliner yang sudah Anda kenal.

Nah, kalau Anda ingin memesan tiket pesawat ke Samarinda untuk liburan, dilansir dari berbagai sumber berikut lima referensi kuliner yang dapat melengkapi perjalanan santap Anda:

1. Ayam Cincane

Ayam Cincane 
Ayam cincane sering disajikan pada momen-momen besar seperti pesta pernikahan, syukuran, dan penyambutan tamu-tamu kehormatan. Kuliner satu ini tidak lain merupakan ayam kampung yang dibakar dan disajikan dengan sambal tomat.

Sebelum dibakar, ayam dilumuri bumbu khusus yang membuat rasanya spesial. Tidak sulit untuk menemukan ayam cincane di Samarinda. Mayoritas restoran di Samarinda masih menyajikan ayam sambal tomat satu ini.

2. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor
Kuliner satu ini tampaknya sudah mulai langka di Samarinda. Namun, karena rasanya yang lezat, banyak orang rela mencari hingga ke pelosok daerah. Sebenarnya, apa yang membuat nasi bekepor ini begitu menarik? Sepintas, tak ada yang istimewa dengan kombinasi nasi putih, ikan asin, rempah, dan minyak sayur ini.

Cobalah untuk menyantapnya bersama garang asam, Anda akan merasakan paduan cita rasa asin, hangat, dan asam-manis dari sajian satu ini. Kalau penasaran dengan cita rasanya, Anda dapat langsung mencicipinya di Rumah Makan Selera Aacil Inun yang berlokasi di Jalan Kadire Oening, Samarinda.

3. Sop Ikan Akmal

Ikan Akmal
Nama Akmal pada kuliner satu ini sebenarnya berasal dari nama restoran yang terkenal menyajikan sop ikan paling lezat di Samarinda. Selain populer dengan menu sop ikannya, Restoran Akmal Samarinda ini juga punya menu ikan bakar yang tak kalah sedap bagi para turis.  

Sop ikan Akmal terkenal berkat rasanya yang mantap dengan bumbu asam, bihun, sayur-mayur, dan ikan kakap yang lembut dan empuk, terlebih jika disantap hangat-hangat. Untuk dapat mencicipi kuliner sedap di restoran legendaris ini, datang saja ke lokasinya di Jalan Awang Long depan Kantor Telkom Samarinda.

4. Gapit Pisang

Gapit Pisang 
Beralih ke kuliner legit, gapit pisang tampaknya wajib dimasukkan ke dalam daftar berburu Anda. Gapit pisang biasanya dibuat dari pisang keprok yang dipanggang dan disajikan dengan kuah gula beraroma nangka.

Salah satu kedai yang menyajikan gapit pisang terenak di Samarinda, Waroeng Banjar Bahari, menawarkan sensasi pisang yang empuk dan kenyal dengan saus gula yang membuatnya semakin legit.

5. Lempok Durian

Lepok Durian 
Ini dia kudapan lezat yang sering dijadikan buah tangan oleh para pelancong. Lempok durian ini tampaknya akan memanjakan lidah para pencinta durian. Tak hanya dapat menikmati sedapnya durian, Anda juga akan dimanjakan dengan sensasi legit dari paduan gula merah dan durian beku tersebut.

Kudapan satu ini juga pas dinikmati bersama kopi hitam atau teh hangat. Lempok durian dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di Samarinda.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Samarinda yang menarik untuk dicoba. Selain yang sudah disebutkan di atas, masih banyak, kuliner lain yang tak kalah lezat.

Persiapkan saja dulu rencana liburan Anda di Samarinda, mulai dari menyiapkan tiket pesawat, penginapan, hingga agenda liburan. Untuk urusan tiket pesawat, Anda dapat menemukan beragam penawaran tiket pesawat promo di Airy ke Samarinda dengan pelayanan customer service yang cepat. Tunggu apa lagi? Segera booking tiket pesawat ke Samarinda untuk liburan dan menikmati kuliner.



Editor : Dani Dahwilani