5 Tips Memilih Ikan Segar untuk Sajian Malam Tahun Baru, Cek Insang & Mata

Vien Dimyati ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 10:08 WIB
5 Tips Memilih Ikan Segar untuk Sajian Malam Tahun Baru, Cek Insang & Mata

Tips memilih ikan segar (Foto : Chefsteps)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tradisi yang dilakukan masyarakat dalam menyambut pergantian tahun. Mulai dari travelling, menyalakan kembang api, hingga memasak ikan bakar.

Tradisi membakar ikan seolah sudah terjadi turun-temurun. Jika Tahun Baru 2020 ini Anda memilih berkumpul bersama keluarga dan teman sambil membakar ikan. Anda harus memastikan, jangan sampai salah membeli ikan. Anda harus memilih ikan terbaik yang masih segar.

Lantas, bagaimana tips memilih ikan terbaik dan masih segar untuk dibakar saat malam Tahun Baru? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Chefsteps, Selasa (31/12/2019).

Periksa Mata Ikan

Sebelum Anda membeli ikan, ada baiknya periksa pada bagian mata. Mata ikan harus sejernih kristal, padat, basah, dan mengkilap, tanpa ada fitur yang cekung. Jika mata ikan tersebut sesuai kategori, maka layak dikonsumsi. Ikan yang buruk biasanya memiliki mata kering, keruh, dan menyusut. Ini menandakan ikan tersbeut tidak segar.

Periksa Sirip

Sirip ekor dan sirip punggung ikan harus terlihat sehat, basah, dan utuh. Seekor ikan yang telah salah penanganan akan memiliki sirip sobek atau kasar. Sirip ikan yang lebih tua akan kering dan rapuh. Itu dikarenakan terlalu lama dipenjaringan.

Sentuh Dagingnya

Jika penjual ikan mengizinkannya, coba sentuh bagian tubuh ikan. Ini untuk memastikan ikan dalam keadaan segar. Ikan segar, seharusnya terasa dingin, basah, dan licin, tetapi tidak lengket. Ketika ditekan, akan kembali ke bentuk aslinya, seperti menekan tubuh Anda sendiri. Jika tidak kembali, itu pertanda daging ikan telah melunak dan tidak lagi layak untuk dibeli.

Periksa Insang

Periksa warna insang. Ikan segar akan memiliki warna merah cerah. Semakin cerah warnanya, semakin segar ikan. Insang juga harus terlihat bersih dan dingin, tidak berlendir. Insang berwarna coklat gelap menunjukkan adanya mioglobin yang teroksidasi menjadi metmyoglobin. Insang berlendir dan lengket pertanda ikan tersebut tidak segar.


Editor : Vien Dimyati