5 Trik Diet Sehat Tanpa Ribet, Jalan Kaki hingga Kurangi Minuman Manis

Okezone.com ยท Kamis, 24 September 2020 - 22:08 WIB
5 Trik Diet Sehat Tanpa Ribet, Jalan Kaki hingga Kurangi Minuman Manis

Diet sehat tanpa ribet (Foto: medical news today)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara praktis untuk melakukan diet ketat. Salah satunya dengan mengurangi nasi hingga makanan berlemak. Terkadang, program diet cukup membahayakan jika tidak diseimbangkan dengan makanan bergizi dan olahraga.

Saat sedang diet, orang seringkali memaksakan diri agar kurus dengan cepat. Namun akhirnya diet malah gagal dan berakhir dengan putus asa.

Lalu bagaimana cara diet sehat tanpa beban. Berikut caranya, dirangkum Kamis (24/9/2020).

1. Hindari menonton TV saat makan

Saat sedang nonton TV atau film yang bagus, kadang kita tak rela meninggalkan acara tersebut. Bahkan kita melihatnya sambil makan. Ini merupakan aktivitas yang tak bagus. Menurut penelitian, jika seseorang makan sambil menonton TV maka ia bisa lebih banyak makan daripada yang seharusnya.

Oleh karena itu mulailah disiplin untuk tak makan sambil nonton TV. Makanlah secara fokus dan perlahan sehingga kamu menikmati makanan itu dan berhentilah sebelum kenyang.

2. Sering berjalan kaki

Guna mendatangi tempat-tempat yang tak terlalu jauh dari rumahmu, alangkah baiknya jika sering berjalan kaki. Tak perlu sedikit-sedikit memesan ojek online untuk pergi ke suatu tempat.

Berjalan itu sangat baik untuk kesehatan,dan juga bisa membakar kalori. Berjalan ke toko, berjalan untuk bekerja untuk mendapatkan kendaraan umum, berjalan ke gym, dan sebagainya. Berjalan kaki juga bisa menimbulkan perasaan senang.

3.  Berhenti makan saat mau kenyang

Walaupun kamu tak perlu diet ketat, bukan berati kamu bisa makan sebanyak-banyaknya. Kamu harus tetap memperhatikan kebutuhan tubuh dengan makan makanan yang sehat. Selain itu kurangi makanan yang penuh lemak dan perbanyak sayur. Lalu berhentilah makan ketika mau merasa kenyang. Jangan sampai kekenyangan ya!

4. Kurangi minuman manis

Selain memperbanyak minum air putih. Hal yang wajib kamu lakukan adalah mengurangi konsumsi minuman manis, terumata minuman kemasan yang mengandung kalori tinggi. Sebab minuman manis bisa menambah kenaikan berat badanmu.

5. Memperbanyak minum air putih

Air putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi minimal 2 liter air putih per hari untuk tetap sehat.

Minum air putih yang banyak juga menghindari kita dari dehidrasi karena air dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu menurunkan berat badan secara alami. Apalagi air putih tak mengandung kalori jadi sangat baik untuk tubuhmu.

Editor : Vien Dimyati