Daya Tarik Wisata Bali selain Pantai, Ada Air Terjun Seganing yang Bermuara di Laut

Vien Dimyati ยท Jumat, 20 Maret 2020 - 14:56 WIB
Daya Tarik Wisata Bali selain Pantai, Ada Air Terjun Seganing yang Bermuara di Laut

Keseruan wisata di Air Terjun Seganing (Foto : Instagram@Indoflashlight)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Pulau Dewata Bali, wisatawan harus menyempatkan untuk ke Nusa Penida. Di sini, ada satu objek wisata air terjun yang tersembunyi di perbukitan. Air terjun yang memiliki nama Seganing ini terlihat unik karena air bermuara langsung ke tepi lautan.

Air terjun ini belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan tapi pesonanya akan membuat Anda terpukau. Air Terjun Seganing juga biasa disebut Air Terjun Sebuluh oleh warga setempat.

Daya tarik destinasi wisata ini yaitu suasananya yang masih sangat alami dengan aliran air yang langsung jatuh ke laut dan dikelilingi hiasan batu-batu cadas berwarna kuning kecoklatan.

"Air terjun tersembunyi di Pulau Dewata yang bermuara di tepi lautan. Yang membuat Air Terjun Seganing sangat istimewa ialah terletak di area yang kawasan sekitarnya perbukitan kering dan tidak ada hutan, selain itu air terjun ini bermuara langsung ke tepi lautan. Sampai saat ini Air Terjun Seganing termasuk ke dalam air terjun tersembunyi dan jarang dikunjungi wisatawan di sekitar Nusa Penida," tulis Instagram @Indoflashlight dikutip Jumat (20/3/2020).

 

"Sejak dahulu memang Air Terjun Seganing biasa disebut Air Terjun Sebuluh oleh warga setempat. Keindahan Air Terjun seganing tak hanya air yang langsung mengalir menuju laut namun juga batuan tingkat yang dialiri air terjun. Sobat tidak perlu khawatir akan kondisi airnya karena masih sangat jernih. Semoga tetap lestari. Referensi foto: @gui_mmoraes, @donny_jambo, @katarina.ondrejkova, @yasskrter".

Daya tarik lain dari air terjun ini adalah saat melakukan perjalanan ke bawah menuju air terjun. Perjalanannya sangat menantang.

Ketika sampai di bawah, Anda dapat menikmati deburan ombak dan air terjun yang jernih sambil berendam sepuasnya. Air Terjun Seganing dulunya menjadi menjadi sumber air utama tapi sekarang hanya menjadi tempat memancing dan mengambil air tirta untuk keperluan upacara keagamaan.

Letak Air Terjun Seganing Nusa Penida berada di bawah tebing curam. Anda harus melalui ratusan anak tangga untuk sampai di Air Terjun Seganing. Ratusan anak tangga ini memang menjadi jalur yang ekstrem. Hanya berupa kayu dan tali yang dirangkai menjadi tangga, seperti tangga bambu.

Air Terjun Seganing Nusa Penida berada di Dusun Sebuluh, Desa Buga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Kungkung, Bali. Air Terjun Seganing letaknya tersembunyi di bawah tebing yang curam dan langsung berbatasan dengan lautan.

Lokasinya yang jauh dari pusat Pulau Bali membuat Anda yang datang berkunjung harus melalui perjalanan yang cukup panjang.

Jika datang dari dermaga di Pantai Sanur Anda perlu naik speed boat menuju dermaga Toya Pakeh selama 40 menit, kemudian menuju lokasi Air Terjun Seganing dapat dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 1 jam.

Medan perjalanan yang Anda lalui di antaranya jalanan berbatu dan kering. Setelah sampai tempat parkir, Anda harus menyusuri jalan setapak sekitar 15 menit dan kemudian sampai di bibir tebing. Kemudian, sampai pada air terjun Seganing.

Berada di sini, Anda bisa menikmati lautan sambil menikmati aliran air terjun yang ada di bawah. Karang-karang yang membentuk mirip kolam ini bisa menjadi spot foto menarik. Bagaimana, tertarik menjelajahi Air Terjun Seganing?

Editor : Vien Dimyati