Apel Bisa Gantikan Makanan Pokok, Ini Penjelasannya

Okezone ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 21:18 WIB
Apel Bisa Gantikan Makanan Pokok, Ini Penjelasannya

Apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Memilih makanan sehat di tengah pandemi Covid-19 menjadi pilihan penting. Sayuran dan buah harus dijadikan makanan utama saat ini.

Salah satu makanan utama yang wajib disiapkan di rumah adalah Apel. Siapa yang tak kenal apel? Karena rasanya yang enak dan kaya dengan manfaatnya, apel merupakan salah satu buah yang dibudidayakan dan dikonsumsi oleh orang di seluruh dunia.

Dilansir dari NDTV, Jumat (19/06/2020), buah manis yang satu ini adalah salah satu yang dapat dibuat menjadi sejumlah makanan penutup. Dari kue tart dan kue kering, makanan penutup apel sangat diminati banyak orang.

Namun, apel juga sangat kaya nutrisi. Apel adalah buah rendah kalori, satu porsi atau 100 gram mengandung 52 kalori, sesuai dengan data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Apel merupakan buah yang bebas lemak dan mengandung 2,4 gram serat dan 10 gram gula. Buah ini juga dikatakan memiliki beberapa manfaat luar biasa. Antara lain:

Menurunkan berat badan

Apel dikatakan membantu penurunan berat badan. Karena kaya akan serat dan air, yang dapat menggantikannnya sebagai makanan pokok. Apel juga akan menurunkan rasa lapar.

Melawan risiko penyakit jantung

Adanya serat larut dalam apel dapat membantu melawan kadar kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kaya antioksidan

Apel juga kaya polifenol yang memiliki kemampuan antioksidann. Karena itu, makan apel bisa membuatmu mencegah peradangan.

Cegah diabetes

Apel juga dikatakan dapat mengurangi risiko diabetes tipe-2. Makanlah buah apel setiap hari agar Anda merasakan manfaatnya.

Editor : Vien Dimyati