Butuh Trik Khusus, Begini Cara Hilangkan Pahit dari Bunga Pepaya

Siska Permata Sari ยท Minggu, 16 Desember 2018 - 13:27 WIB
Butuh Trik Khusus, Begini Cara Hilangkan Pahit dari Bunga Pepaya

Chef Wahid dari Terasa Cafe memberikan tips mengolah bunga pepaya. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Sudah bukan rahasia umum lagi jika bunga pepaya memiliki rasa yang pahit jika dijadikan makanan seperti tumis dan sebagainya. Bagi yang tidak suka pahit, rasa dari getah bunga pepaya ini memang mengganggu lidah dan membuat orang enggan menikmati hidangan dari bunga pepaya.

Tetapi, tahukah Anda jika rasa pahit dari bunga pepaya bisa dihilangkan sama sekali dan disajikan sebagai tumis atau urap yang nikmat tanpa rasa pahit? Ternyata, ada trik khusus tersendiri demi menghilangkan rasa pahit di bunga pepaya.

"Ada cara khususnya agar bagaimana masakan bunga pepaya itu tidak terasa pahit," kata Chef Wahid yang menggeluti dunia kuliner sejak 15 tahun, saat ditemui iNews.id di Terasa Cafe, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dia mengatakan, ada dua cara agar pahit di bunga pepaya hilang. Sambil mempraktikkan caranya, Wahid menjelaskan, pertama adalah menggunakan tanah liat untuk guci. Kemudian, kedua menggunakan daun harendong.

"Pertama-tama, siapkan air panas mendidih, tambahkan garam dan mencampurkan tanah liat tadi atau daun harendong dan masukkan bunga pepaya," kata dia. Setelah itu, rebus dan rendam campuran tersebut selama 15-20 menit sebelum bunga pepaya disiangkan, serta dikucuri air bersih yang mengalir.

Wahid menjelaskan, dua bahan tadi yakni daun harendong dan tanah liat tersebut memiliki sifat yang dapat menetralisir rasa pahit di bunga pepaya. "Di daun harendong, misalnya, itu ada bulu-bulu halusnya yang bisa menetralisir pahit dari getah bunga pepaya," katanya.

Setelah proses perebusan, penyiangan, dan bunga pepaya telah dikucuri air mengalir, barulah bunga pepaya tersebut bisa diolah menjadi makanan-makanan lezat. Misalnya, urap, tumis bunga pepaya, dan hidangan lainnya. Selamat mencoba!


Editor : Tuty Ocktaviany