Cicipi Camilan Lezat Roti Keju sambil Menyeruput Teh

Vien Dimyati ยท Senin, 14 Januari 2019 - 19:14 WIB
Cicipi Camilan Lezat Roti Keju sambil Menyeruput Teh

Roti keju (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bersantai menikmati roti manis sambil menyeruput teh hangat memang terasa menyenangkan. Apalagi, camilan yang dipilih adalah roti keju buatan sendiri.

Roti lembut dengan perpaduan keju yang gurih cocok untuk dinikmati kapan saja. Untuk membuat roti keju tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan seperti tepung terigu protein, gula, susu, dan lainnya.

Ingin tahu seperti apa resep dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @kuweh.id, Senin (14/1/2019).

Bahan :

500 gr terigu protein tinggi
80 gram gula pasir
20 gram susu bubuk
350 ml susu cair
5 gram garam
45 gram mentega
6 gram ragi instan

Cara Membuat :

Susu evaporated secukupnya
Mentega / margarin secukupnya
Topping : buttercream , keju cheddar parut , glaze rasa tiramisu

Cara Membuat :

1. Oles loyang dengan margarin / mentega.
2. Campur semua bahan kecuali mentega dan garam, ulen sampai 1/2 kalis, kemudian tambahkan mentega dan garam. Ulenin sampai kalis elastis.
3. Bulatkan adonan, masukan adonan yang sudah dibulatkan ke dalam baskom. Tutup dengan kain basah. Diamkan untuk proses fermentasi / proofing selama +/- 1 jam hingga mengembang dua kali lipat.
4. Kempeskan adonan, ulen sebentar. Timbang-timbang besarnya sesuai selera, bentuk adonan lalu susun di loyang, biarkan mengembang 30-45 menit. Oles dengan susu evaporated.
5. Panggang dengan suhu 180°c selama 20 menit, api bawah dan lima menit api atas, atau sesuaikan oven masing-masing sampai matang. Masih panas oles dengan mentega atau margarin biar kinclong.
6. Setelah agak dingin, belah roti, oles belahan dengan buttercream kemudian isi belahan dengan keju parut. Semprot zigzag dengan glaze.


Editor : Vien Dimyati