Habis Menyantap Daging, Lancarkan Sistem Pencernaan dengan Makanan Ini

Siska Permata Sari ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 08:47 WIB
Habis Menyantap Daging, Lancarkan Sistem Pencernaan dengan Makanan Ini

Makanan yang lancarkan pencernaan (Foto : FoodNDTV)

JAKARTA, iNews.id - Hari Raya Idul Adha lekat dengan konsumsi daging kurban, baik kambing, sapi atau domba. Memang, tidak ada salahnya mengonsumsi daging, terlebih ini merupakan momen spesial Hari Raya yang datang satu tahun sekali.

Namun, perlu diketahui, konsumsi daging yang kaya akan protein dan lemak, cukup lama untuk dicerna oleh tubuh.

Menurut buku Diet & Nutrition, A Holistic Approach oleh Rudolph Ballentine, makanan kaya protein mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna di perut dan usus kecil.

Selain itu, lemak juga dapat memperlambat proses pencernaan. Hal ini karena lemak dan minyak adalah molekul yang relatif kompleks menunda pengosongan lambung lebih dari makanan lainnya.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Beberapa makanan berikut ini dapat meningkatkan sistem pencernaan setelah mengonsumsi daging. Apa saja? Mari simak daftarnya, seperti dilansir dari Food NDTV, Minggu (2/8/2020).

Nanas

Makanlah beberapa potong nanas sebelum atau selama makan daging kaya protein. Buah ini mengandung enzim alami yang disebut bromelain, yang dapat membantu memecah ikatan antara protein, sehingga membantu perut Anda untuk mencerna lebih baik.

Pepaya

Buah lain yang dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan Anda adalah pepaya. Buah ini mengandung enzim yang disebut papain yang memfasilitasi pencernaan protein. Buah ini juga akan membantu menghindari kembung dan gangguan pencernaan.

Yogurt dan kefir

Cara terbaik untuk membantu pencernaan daging adalah dengan menambahkan probiotik seperti yogurt dan kefir ke dalam menu makanan sehari-hari Anda. Probiotik adalah sumber bakteri baik yang membantu sistem pencernaan.

Editor : Vien Dimyati