Indhex 2018, Masyarakat Diminta Senantiasa Konsumsi Produk Halal

Diaz Abraham ยท Sabtu, 10 November 2018 - 22:44 WIB
Indhex 2018, Masyarakat Diminta Senantiasa Konsumsi Produk Halal

LPPOM MUI sukses menggelar acara Indhex 2018. (Foto: iNews.id/Diaz Abraham)

JAKARTA, iNews.id - Acara pameran bertaraf internasional, Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018 belum lama ini sukses digelar. Pada kesempatan tersebut, Wakil Direktur I Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Osmena Gunawan berharap, acara ini membuat masyarakat dapat terus mengonsumsi makanan halal dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pengunjung, seluruh panitia, pemerhati halal dan semoga ke depannya betul-betul kita realisasikan untuk senantiasa mengonsumsi produk halal," katanya ketika menutup acara Indhex 2018, Smesco, Pancoran, Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, acara yang diselenggarakan selama tiga hari, mulai 1-3 November 2018 tersebut menghadirkan berbagai acara seru. Tak hanya itu, ternyata rangkaian acara Indhex 2018 telah dimulai sejak Agustus lalu.

"Sebetulnya sudah dari Agustus kita laksanakan rangkaian Indhex. Alhamdulillah, kita sudah melaksanakan tugas semaksimal mungkin Insya Allah berkah buat kita semua," ujarnya.

Acara Indhex 2018 kali ini mengusung tema 'Peningkatan Daya Saing UMKM dengan Sertifikasi Halal', harapannya agar kualitas produk olahan UMKM semakin meningkat. Nantinya mereka dapat bersaing di pasar global.

Osmena berharap, produk halal dapat dipromosikan oleh semua pihak. Sehingga gaung produk halal di Indonesia tidak hanya dirasakan di dalam negeri, tapi mampu menjadi pemimpin di pasar dunia.

"Bapak ibu yang saya hormati, sama-sama kita promosikan produk halal tidak hanya di Jakarta dan Indonesia, bahkan luar negeri," ucapnya.

Agar niat baik tersebut sukses dibuat, maka pemerintah telah menetapkan pada 2019, semua produk yang beredar di masyarakat harus tersertifikasi halal sesuai amanat Undang-Undang No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Nantinya, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) akan menjadi lembaga penerbitan sertifikat halal ketika UU tersebut berlaku.


Editor : Tuty Ocktaviany