Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah terkait Produk Makanan Indonesia

Diaz Abraham ยท Rabu, 07 November 2018 - 03:41 WIB
Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah terkait Produk Makanan Indonesia

Kuliner Indonesia. (Foto: Goodindonesianfood)

JAKARTA, iNews.id - Dari tahun ke tahun, umat Muslim dunia amat memperhatikan produk berlabel halal. Sehingga pemerintah mendorong para pelaku usaha untuk memberi label halal yang selama ini dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar olahan tersebut dapat bersaing di pasar global.

Namun, hal ini dirasa belum cukup. Menurut Chef Adie Martadie, sampai saat ini komitmen dari pemerintah masih kurang, terutama dalam dunia memasak. Hal tersebut dapat dilihat dari tidak adanya Undang Undang yang mengatur soal makanan. 

"Halal ini sangat luar biasa sekali. Bukan hanya yang Muslim, non-Muslim pun ingin tahu dan merasakan apa itu makanan halal. Kita komitmen punya satu, kita enggak punya Undang-Undang yang mengatur makanan," katanya ketika hadir sebagai pembicara dalam talkshow 'Dunia Kuliner Dalam Wisata Halal' di acara Indonesia Halal Expo (Indhex) 2108, Jakarta, belum lama ini

Padahal sampai saat ini, telah banyak dibuat acara-acara untuk memperkenalkan makanan asal Indonesia ke luar negeri oleh persatuan kuliner di Indonesia. Selain itu, kementerian juga tercatat memiliki berbagai event memperkenalkan makanan ke penjuru dunia.

"Sekarang kita masih masing-masing. Dengan concern, kita mengguncang makanan Indonesia. Ada Indonesia Tourism Board dan Indonesia Satu, itu cuma persatuan kuliner. Kemenpar punya juga untuk menduniakan makanan Indonesia, saya pun diminta sebagai pelaku kuliner yang diminta ke luar negeri untuk masak masakan Indonesia," ujarnya.

Dia pun berharap bahwa nantinya Indonesia memiliki Undang-Undang yang khusus mengatur tentang makanan. Agar misi ini sukses dilakukan, pengenalan produk halal juga wajib dilaksanakan kepada pelajar Indonesia.

"Seandainya kita komitmen makanan Indonesia, sekolah berdiri yang sama kayak UI, khusus masakan Indonesia dan halal. Kan luar biasa. Mimpi yang mudah-mudahan menjadi kenyataan," ucapnya.

Sampai saat ini pemerintah terus berupaya  mengedepankan produk halal di Tanah Air, salah satunya dengan membuat Undang Undang tentang Jaminan Produk Halal. Di tahun 2019, seluruh produk di Indonesia diwajibkan memiliki sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).


Editor : Tuty Ocktaviany