Intip 3 Camilan Khas Kota Jakarta yang Bikin Kangen

Siska Permata Sari ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 17:20 WIB
Intip 3 Camilan Khas Kota Jakarta yang Bikin Kangen

Kelezatan kue khas Jakarta (Foto : Instagram@becauselapar)

JAKARTA, iNews.id - Kota Jakarta mempunyai beragam cerita, kenangan, dan harta tersembunyi lain di balik kepadatan penduduk. Salah satu hal yang membuat Jakarta punya cerita adalah kekayaan kuliner yang tak jarang membuat kangen.

Tak hanya makanan-makanan berat yang lezat seperti soto Betawi, ketoprak, gado-gado, dan ketupat sayur. Tetapi juga ada camilan-camilan dengan ragam rasa yang kini mungkin jarang dijumpai lagi.

Beberapa camilan di bawah ini bisa jadi merupakan salah satu makanan favorit Anda atau keluarga Anda.

Apa saja? Simak daftarnya seperti dirangkum pada Selasa (23/6/2020).

Kue rangi

Di urutan pertama ada kue rangi. Camilan satu ini juga sering disebut sagu rangi. Kue ini dibuat dari campuran tepung kanji dengan kelapa parut yang dipanggang dengan cetakan khusus di atas tungku kecil.

Enaknya lagi, kue rangi ini disajikan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung kanji, sehingga rasanya manis gurih.

Kue ape

Camilan satu ini sering disebut sebagai serabi Jakarta. Kue ape ini bentuknya mirip dengan pancake tetapi penuh dengan kearifan lokal. Camilan ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu.

Kue kembang goyang

Berikutnya ada kue kembang goyang. Mempunyai nama yang unik, arti nama kue ini sesuai dengan bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang.

Mengapa disebut kembang goyang, adalah cara pembuatannya yang digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Kue kembang goyang ini terbuat dari tepung, gula, susu, dan bubuk pengembang.

Editor : Vien Dimyati