Kangen Jajanan Surabaya, Yuk Bikin Apem Selong yang Gurih

Vien Dimyati ยท Rabu, 07 November 2018 - 15:19 WIB
Kangen Jajanan Surabaya, Yuk Bikin Apem Selong yang Gurih

Lezathya apem selong. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Surabaya belum lengkap tanpa membeli oleh-oleh lezat yang menjadi khas Jawa Timur. Salah satunya, kue jajanan pasar tradisional, apem selong.

Kue Apem Selong biasanya disajikan ketika pagi hari sebagai teman minum teh dan kopi. Begitu juga saat Ramadan, kue ini menjadi salah satu yang populer untuk buka puasa.

Sekarang ini, kue apem selong memiliki banyak variasinya, baik dari segi bentuk atau rasa. Kue apem selong memiliki tekstur lembut, rasanya gurih. Untuk mencicipi kue tradisional ini, Anda tak perlu ke Surabaya.

Kue apem selong bisa dibuat sendiri di rumah sebagai camilan simpel. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip Instagram @Lidyatjahjadi, Rabu (7/11/2018).

Bahan Biang:

1/2 sdm ragi instan
1 sdm terigu
1 sdm gula pasir
200 ml air kelapa (bisa ganti air biasa) campur semua bahan dan diamkan selama 15 menit hingga berbuih.

Bahan Adonan:

250 gr tepung beras
175 gr gula pasir, 350 ml santan kental
2 lembar pandan
1 buah telur
1/4 sdt garam

Cara Memasak:

1. Rebus santan kental dan pandan. Setelah mendidih matikan api, tunggu hingga hangat.

2. Campurkan tepung beras, gula, garam dan telur kocok, tuang santan kental yang sudah hangat sedikit-sedikit sambil aduk-aduk adonan menggunakan tangan dan uleni hingga gula larut.

3. Masukkan adonan biang yang sudah berbuih, uleni lagi dengan tangan hingga adonan licin dan halus (adonan harus encer). Sesudah itu, diamkan adonan satu jam.

4. Siapkan wajan kecil, panaskan dengan api kecil, olesi sedikit mentega di dasar wajan supaya tidak lengket, lalu tuang dua sendok sayur adonan ke wajan yang sudah agak panas, tapi api tetap kecil. Setelah adonan dituang, tekan adonan cair dengan bawah sendok sayur agar adonannya naik dan putar keliling wajan hingga membentuk pinggiran tipis. Putar sebanyak tiga kali biar agak tebal supaya tidak cepat gosong pinggirannya. Lalu tutup wajan dengan tutup kaca agar mudah memantau kematangan.

5. Jika sudan 1/2 kering, beri potongan nangka atau irisan daun pandan di tengah adonan yang masih sedikit basah, tutup lagi wajan dan tunggu hingga pinggirannya agak kecoklatan, angkat. Sajikan.


Editor : Tuty Ocktaviany