Konsumsi Buah di Masa Pandemi, Ini Manfaat yang Didapat

Vien Dimyati ยท Jumat, 23 Oktober 2020 - 18:33 WIB
Konsumsi Buah di Masa Pandemi, Ini Manfaat yang Didapat

Buah sehat selama masa pandemi (Foto: Fyffes)

JAKARTA, iNews.id - Mengonsumsi buah segar di masa pandemi menjadi pilihan terbaik. Apalagi buah merupakan sumber mikronutrien yang diperlukan untuk pembentukan hormon, aktivitas enzim, menambah energi, bahkan untuk imunitas dan sebagai antioksidan.

Dokter Spesialis Gizi, dr Florentina M. Rahardja mengatakan, Mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun berperan penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim berbagai metabolisme dalam tubuh, termasuk kerja sistem imun.

"Nutrien yang dimaksud dalam mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Salah satu sumber vitamin dan mineral yang alami adalah buah-buahan," kata dr Florentina di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Menurut Florentina, kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan mikronutrien adalah ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak. Bagi anak-anak, kekurangan mikronutrien dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan, menurunkan fungsi kognitif dan menurunkan imunitas.

"Jika sebelum Covid-19 saja sudah kurang makan buah, apalagi saat ini Covid-19, kita harus lebih banyak makan buah. Terutama untuk anak akan menjadi rentan terhadap infeksi dan berdampak pada prestasi di sekolah," katanya.

Dr Florentina mengatakan, buah dapat diberikan sejak usia 6 bulan sebagai makanan tambahan. Buah yang diberikan juga harus bervariasi agar vitamin dan mineral yang diperoleh beragam serta anak tidak bosan.

"Salah satu buah yang bisa diberikan adalah pisang, tinggi mikronutrien yaitu kalium, karbohidrat, serat, vitamin C dan lainnya," kata dr Florentina.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3 Tampilkan Semua