Kreasi Memasak Nasi Tim Ayam Jamur, Rasanya Gurih Bikin Ketagihan

Vien Dimyati ยท Senin, 02 Desember 2019 - 18:04 WIB
Kreasi Memasak Nasi Tim Ayam Jamur, Rasanya Gurih Bikin Ketagihan

Lezatnya nasi tim ayam jamur (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Menu yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk santapan makan malam. Jika biasanya membuat nasi goreng. Kini, Anda bisa membuat nasi tim ayam jamur.

Rasanya lezat dan enak. Cocok disajikan kapan saja. Untuk membuatnya juga mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan seperti dada ayam tanpa tulang, jamur tiram, bawang bombai, dan lainnya.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @guniezzt, Senin (2/12/2019).

Bahan :

200 gr dada ayam tanpa tulang, potong dadu
150 gr jamur tiram, potong-potong
4 cup nasi hangat
2 butir telur, rebus hingga matang
1 bawang bombai ukuran kecil, potong kotak
3 siung bawang putih, cincang kasar
600 ml air kaldu rebusan ayam
1 1/2 sdm saus tiram
2 sdm kecap asin
2 1/2 sdm kecap manis
1 sdt lada bubuk

Cara Membuat (35-40 menit) :

1. Tumis bawang putih cincang hingga harum dan agak kecoklatan, masukkan bawang bombai. Tumis hingga bawang bombai layu.
2. Masukkan potongan ayam, masak hingga setengah matang. Masukkan saus tiram, kecap asin, kecap manis dan lada bubuk. Aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan jamur tiram, aduk kembali hingga rata.
3. Tuang 300 ml air kaldu, dan juga telur rebus. Masak hingga air kaldunya susut, kuahnya mengental. Koreksi rasa, jika sudah pas matikan api.
4. Note : Resep ini memang sama sekali tidak pakai garam. Karena sudah terasa asin dari saus tiram dan kecap asin.
5. Siapkan 4 buah mangkuk tahan panas untuk mengukus nasi. Belah masing-masing telur menjadi dua bagian. Letakkan setengah bagian telur dalam mangkuk dengan bagian kuning menghadap ke bawah.
6. Tuang 2-3 sdm ayam jamur yang dimasak tadi, selanjutnya timpa dengan nasi sampai memenuhi mangkuk. Padatkan/tekan dengan menggunakan centong nasi, lalu tuang air kaldu hingga memenuhi pinggiran mangkuk.
7. Ulangi langkah 6 untuk 3 mangkuk nasi berikutnya.
8. Kukus 4 mangkuk nasi tadi sekitar 15-20 menit. Masukkan saat kukusan sudah panas. Setelah 20 menit, angkat dan tunggu mangkuk sampai tidak terlalu panas agar dibalik ke piring saji.


Editor : Vien Dimyati

TAG : kuliner