Lezat Dimasak Tumisan, Brokoli Kaya Vitamin untuk Perkuat Imunitas Tubuh

Okezone.com ยท Senin, 29 Juni 2020 - 22:10 WIB
Lezat Dimasak Tumisan, Brokoli Kaya Vitamin untuk Perkuat Imunitas Tubuh

Manfaat kesehatan brokoli (Foto : Simply recipes)

JAKARTA, iNews.id - Sayuran hijau menjadi salah satu menu yang wajib dimakan selama pandemi Covid-19. Selain memiliki rasa lezat, brokoli juga mengandung banyak vitamin yang bisa menguatkan imunitas tubuh.

Sayur brokoli bisa Anda kreasikan dibuat tumis atau dimasak kuah. Anda bisa memasak sesuai selera. Seperti dilansir dari NDTV, Senin (29/6/2020), brokoli memiliki banyak manfaat.

Lantas, apa saja manfaat brokoli untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan imunitas

Rupanya vitamin C tinggi yang ada pada brokoli disebutkan dapat meningkatkan tingkat imunitas tubuh. Sebanyak 100 gram brokoli mengandung 89 gram vitamin C, lebih banyak dari buah sitrus. Ditambah dengan beta karoten dan sejumlah antioksidan yang membuatnya jadi sayuran sempurna untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

2. Membantu proses penurunan berat badan

Buat Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, mengonsumsi brokoli jangan sampai dilewatkan. Sebab, brokoli punya kandungan serat yang ramah berat badan, dengan adanya serat ini akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Secara tidak langsung akan menjauhkan diri untuk menyantap makanan yang tidak perlu.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Hadir dengan kandungan beberapa mineral yang lezat seperti kalium dan magnesium. Serat tinggi brokoli dan asam lemak omega-3 disebutkan dapat membantu menjaga level kolesterol jahat. Sedangkan kalium dalam brokoli bekerja sebagai vasodilator dan memeriksa tingkat tekanan darah dalam tubuh. Brokoli bagus untuk kesehatan jantung.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Brokoli ternyata punya jumlah karotenoid yang tinggi sehingga bermanfaat untuk penglihatan dan kesehatan mata? Brokoli diketahui kaya akan lutein, karotenoid alami yang membantu menjaga penglihatan dan penglihatan di waktu malam dengan baik. Lutein juga bisa bermanfaat bagi kesehatan serta sirkulasi jantung. 

Editor : Vien Dimyati