Lezatnya Rice Bowl Ayam Katsu Sambal Kecombrang, Rasanya Bikin Ketagihan

Vien Dimyati ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 11:00 WIB
Lezatnya Rice Bowl Ayam Katsu Sambal Kecombrang, Rasanya Bikin Ketagihan

Mencicipi rice bowl ayam katsu sambal kecombrang (Foto: Instagram @banususanto)

JAKARTA, iNews.id - Memilih menu lezat saat akhir pekan menjadi pilihan tepat. Apalagi jika sedang berkumpul bersama keluarga. Anda bisa menyajikan menu khas Jepang, yaitu rice bowl ayam katsu.

Sesuai dengan namanya, rice bowl ayam katsu terbuat dari bahan utama daging ayam yang sudah difillet. Kemudian, daging ayam dibalur dengan adonan tepung berbumbu dan tepung roti.

Biasanya ayam katsu disajikan dengan saus teriyaki, saus kari, hingga saus sambal. Kali ini, jika ingin menyantap menu rice bowl yang berbeda, Anda bisa memasukkan tambahan sambal kecombrang.

Kecombrang biasa disajikan dalam masakan tumis, gulai, hingga sambal. Rempah yang memiliki aroma khas ini sangat menggugah selera jika dipadukan dengan ayam Katsu.

Jika tertarik membuat rice bowl ayam katsu sambal kecombrang, Anda bisa berkreasi di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit di dapat.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat Rice Bowl Ayam Katsu Sambal Kecombrang? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @banususanto, Sabtu (17/10/2020).

Bahan Sambal Kecombrang:

80 cc minyak goreng
1/2 sdm terasi dihaluskan
1 sdm air jeruk nipis
Garam, gula, kaldu bubuk secukupnya

Bumbu (dirajang tipis):

1 kecombrang besar (bunga dan tangkai atasnya)
2 batang serai (bagian putihnya)
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
30 cabai rawit merah
8 lembar daun jeruk, buang uratnya

Bahan Ayam Katsu:

3 fillet dada ayam (@100-150 gr), lap dengan paper towel hingga kering
Bread crumb secukupnya
Minyak untuk menggoreng
Bumbu marinate: 2 siung bawang putih dihaluskan, lada dan garam secukupnya
Bahan pencelup (aduk hingga rata): 1 butir telur, 4 sdm tepung terigu, 4 sdm susu cair/ air biasa, lada dan garam secukupnya

Bahan Lain:

3 mangkuk nasi putih, selada, timun diiris, tomat diiris

Cara Memasak:

1. Sambal kecombrang: campur semua bumbu rajangan jadi satu. Panaskan minyak dan terasi, siramkan ke bumbu rajangan. Tambahkan jeruk nipis, gula, garam, dan kaldu bubuk. Aduk-aduk lagi hingga tercampur rata.
2. Lumuri fillet ayam dengan bumbu marinate, diamkan sekitar 1 jam agar meresap. Selanjutnya lumurkan ke bahan pencelup dan balurkan ke bread crumb. Tekan-tekan sedikit agar bread crumb banyak yang menempel.
3. Masukkan fillet ayam yang sudah dilumuri bread crumb ke dalam freezer sekitar 15 menit agar bread crumb lebih kuat menempel.
4. Goreng ayam katsu secara deep fried (minyak banyak dan panas) hingga berwarna coklat keemasan di kedua sisinya. Tiriskan, potong-potong.
5. Penyajian: susun nasi di mangkuk, taruh ayam katsu dan sambal kecombrang di atasnya. Tambahkan selada, timun iris,dan tomat iris sebagai pelengkap.

Editor : Vien Dimyati