Mau Dine In di Mal, Ini Keamanan yang Telah Disiapkan Restoran

Siska Permata Sari ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 12:03 WIB
Mau Dine In di Mal, Ini Keamanan yang Telah Disiapkan Restoran

Pusat perbelanjaan di mal (Foto : Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Mulai pertengahan Juni lalu, sejumlah pusat perbelanjaan di Indonesia telah dibuka, terutama di Jakarta. Namun hal yang berbeda adalah adanya sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan dan harus dipatuhi karyawan serta pengunjung.

Sejak dibukanya pusat perbelanjaan ini, tentu masih ada yang bertanya-tanya. Salah satunya tentang makan di tempat atau dine in di restoran yang ada dalam pusat perbelanjaan. Seberapa amankah itu?

“Semua restoran (di dalam mal) telah meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan higienitasnya. Misalnya menu restoran yang tak lagi menggunakan buku menu tetapi berbentuk aplikasi atau QR code,” ujar Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Ellen Hidayat di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (26/6/2020).

Dia mengatakan, pusat perbelanjaan yang khususnya berada di Jakarta, telah menerapkan aturan protokol kesehatan. Salah satunya membatasi pengunjung hingga 50 persen. Hal ini juga berlaku di setiap toko, tenant, dan termasuk restoran.

Di setiap restoran, kata dia, telah membuat tanda-tanda untuk menerapkan pembatasan jarak, paling tidak satu meter.

Selain pembatasan pengunjung dan penerapan physical distancing, peralatan makan juga dijamin higienitasnya. Meskipun, ada anjuran untuk menggunakan alat makan sendiri.

“Peralatan makan seperti sendok dan garpu itu ada yang memberikan air panas untuk dicelupkan, agar pengunjung lebih yakin,” ujarnya.

Editor : Vien Dimyati