Mau Terhindar dari Penyakit? Syaratnya Konsumsi Makanan Halal

Diaz Abraham ยท Senin, 05 November 2018 - 22:33 WIB
Mau Terhindar dari Penyakit? Syaratnya Konsumsi Makanan Halal

Biasakan konsumsi makanan halal. (Foto: Popular Science)

JAKARTA, iNews.id - Mendengar kata halal tak hanya identik dengan agama Islam. Pasalnya, halal dianggap sebagai olahan yang terjaga kualitasnya dan bagus untuk tubuh manusia.

Dengan sertifikasi halal untuk satu produk makanan, berarti tingkat keamanan olahan tersebut semakin tinggi dan dapat menghindarkan konsumen dari ancaman penyakit. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Wakil Direktur I Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Osmena Gunawan.

Mengenai keterkaitan antara produk halal dengan kesehatan manusia, dia menganggap semua makanan yang telah mendapat sertifikat dari lembaganya aman dikonsumsi dan baik untuk tubuh.

"Sangat berdampak, makanan halal berarti sehat. Sekarang orang non-Muslim lebih senang konsumsi produk halal kalau sudah berbicara mengenai kesehatan," ujarnya dalam acara Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018, Smesco, Jakarta, belum lama ini.

Dia mencontohkan, dalam ajaran agama Islam, hewan-hewan yang disemebelih harus ditiriskan terlebih dahulu darahnya. Baru setelah itu, daging bisa dimasak oleh masyarakat.

"Contoh dalam pemilihan daging, kalau tidak dilaksanakan secara benar, darahnya tidak terkontrol dan bertebaran. Dan, itu menimbulkan bibit penyakit bagi tubuh. Tapi kalau disembelih secara halal, berarti urutannya setelah disembelih darahnya harus ditiriskan, sehingga darahnya tidak mengumpul di dalam daging itu dan mengurangi bibit bakteri," ujarnya.

Darah yang masih ada dalam daging hewan, menyebabkan banyak sekali bakteri yang bisa masuk. Sehingga keamanan dari olahan tersebut akan berkurang dan berbahaya bagi para konsumen.

"Akibatnya, banyak bakteri di dalam daging dan banyak tumbuh di situ. Terutama bakteri yang negatif itu, tentu berbahaya bagi tubuh," kata dia.

Indhex 2018 merupakan gelaran kedelapan dan menampilkan berbagai acara menarik. Ada olimpiade halal, halal cake decoration, halal cooking demo, seminar internasional, dan beragam talkshow.


Editor : Tuty Ocktaviany