Mencicipi Kuliner Khas Sunda Pepes Ayam untuk Berbuka Puasa

Vien Dimyati ยท Jumat, 24 Mei 2019 - 17:09 WIB
Mencicipi Kuliner Khas Sunda Pepes Ayam untuk Berbuka Puasa

Lezatnya kuliner khas Sunda. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kuliner Sunda memang menggoda untuk disantap usai berbuka puasa. Aneka bumbu yang dipadu dengan lalapan dan rempah mampu memikat siapa saja yang melihat. Ditambah aromanya yang menggungah selera.

Salah satu makanan Sunda yang kental dengan bumbu dan rempahnya adalah pepes. Bahan utama biasanya ikan, ayam, dan tahu. Salah satu bahan itu dibungkus daun pisang beserta dengan bumbunya.

Bumbu yang digunakan meliputi rempah-rempah yang dihaluskan, dengan pelengkap berupa daun kemangi, tomat, dan cabai utuh yang diiris. Bumbu dan pelengkap tersebut kemudian dibungkus bersama bahan yang sudah dibersihkan.

Setelah dibungkus, kedua ujung daun pisang disematkan lidi atau bambu kecil. Bungkusan ini dibakar di atas api kompor atau bara api arang hingga mengering. Aroma saat dibakar inilah yang akan menggugah selera makan Anda.

Salah satu pepes yang paling digemari masyarakat Sunda adalah pepes ayam kemangi. Aroma lezat daun kemangi menjadi bagian dari ciri khas makanan ini.

Ayam yang lembut dengan wewangian khas dari daun kemangi dan bumbu membuat pepes ini nikmat dan menggugah selera. Aneka rempah seperti kemiri, bawang putih, kunyit, ketumbar, pala dihaluskan dan dilumuri ke daging ayam dengan ditaburi potongan kemangi di atasnya.

Bagi anda yang ingin membuat makanan lezat ini di rumah, berikut bahan-bahannya seperti yang diulas iNews.id, Jumat (24/5/2019).

Bahan Bumbu Pepes Ayam:

Daging ayam satu kilogram (potong-potong, cuci bersih, tiriskan)
Daun kemangi 100 gram
Air 800 mili liter
Cabai rawit merah utuh 10 buah
Minyak sayur dua sendok makan
Daun pisang secukupnya (digunakan untuk membungkus)

Bumbu Halus Pepes Ayam Sunda:

Kemiri 50 gram
Bawang putih empat siung
Kunyit 10 cm
Ketumbar satu sendok makan
Pala 1/2 sendok teh
Garam dua sendok makan

Bumbu Iris Pepes Ayam Kemangi:

Bawang merah 20 butir (iris tipis)
Serai dua batang (potong-potong lima sentimeter)
Cabai merah besar lima buah

Cara Membuat Pepes Ayam Kemangi Khas Sunda:

1. Langkah pertama potong-potong daun pisang dengan ukuran lebar 20 hingga 30 sentimeter atau bisa sesuai dengan selera tergantung ingin berapa banyak potongan ayam di setiap bungkusnya.

2. Bakar sebentar di atas api sambil digeser-geser agar daun lemas dan tidak kaku, serta tidak mudah sobek saat membungkus. Bisa juga dengan cara menjemur daun pisang di bawah sinar matahari hingga daun pisang sedikit layu.

3. Campurkan bumbu halus, bumbu iris, minyak sayur, daun kemangi dan cabai rawit utuh lalu aduk rata.

4. Masukkan potongan daging ayam, aduk hingga tercampur rata dengan bumbu.

5. Ambil selembar potongan daun pisang, lalu letakkan beberapa potongan ayam yang sudah terlumuri bumbu di tengah-tengah daun pisang.

6. Lipat dengan rapi bagian kanan dan kiri daun pisang, lalu sematkan kedua ujungnya dengan lidi atau bambu kecil.

7. Didihkan air dalam wajan, panci atau dandang kukusan, beri tatakan alat kukus, kemudian masukkan bungkusan pepes lalu tutup dan masak hingga air kering.

8. Matikan api dan diamkan sebentar agar bumbu lebih meresap. Pepes ayam kemangi khas Sunda siap disajikan.


Editor : Tuty Ocktaviany