Mencicipi Menu Sahur dengan Krengsengan Ayam, Rasanya Manis dan Gurih

Vien Dimyati ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 19:10 WIB
Mencicipi Menu Sahur dengan Krengsengan Ayam, Rasanya Manis dan Gurih

Lezatnya Krengsengan Ayam (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Krengsengan merupakan salah satu menu khas Jawa Timur yang memiliki rasa lezat. Biasanya, krengsengan terbuat dari bahan baku daging sapi dengan campuran bumbu dan rempah-rempah.

Tetapi jika Anda membuat krengsengan yang berbeda, cobalah mengganti dengan daging ayam. Untuk rasa juga tidak kalah lezat dengan daging sapi. Menu Jawa Timuran ini cocok disajikan untuk santapan sahur.

Cara membuatnya juga mudah. Ingin tahu resep dan cara memasaknya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @guniezzt, Selasa (14/5/2019).

Bahan :

½ ekor ayam kampung (berat 750 gr), rebus hingga empuk
2 buah tomat, potong
2 tangkai daun bawang, potong
600 cc air kaldu (rebusan ayam)
1 sdm saus raja rasa
4 sdm kecap manis
3 sdm baceman bawang (bawang beserta minyaknya), resep di #bananosbacemanbawang
3 sdm bawang merah goreng
Lada garam secukupnya

Cara Memasak :

1. Tumis baceman bawang hingga harum. Setelah harum masukkan ayam, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan tumisan bawang. Tambahkan air kaldu. Didihkan.
2. Masukkan tomat, kecap, saus raja rasa, bawang merah goreng, lada, dan garam. Masak hingga kuah menyusut (sesuai selera mau yang berkuah atau agak kering).
3. Bila kuah sudah menyusut, cicipi dan koreksi rasa lalu matikan api. Masukkan daun bawang, aduk-aduk sebentar hingga daun bawang layu. Siap disajikan. Untuk 3-4 porsi. Sumber: @banususanto.


Editor : Vien Dimyati