Mengenal Resep Asli Rendang di Festival Nusantara Marandang

Siska Permata Sari ยท Minggu, 02 Desember 2018 - 20:00 WIB
Mengenal Resep Asli Rendang di Festival Nusantara Marandang

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (tiga dari kiri), Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kementerian Pariwisata Vita Datau, dan Direktur Sales & Marketing iNews Surya Hadiwinata (dua dari kanan). (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Siapa orang Indonesia yang tidak tahu rendang atau randang? Masakan daging dengan bumbu kaya akan rempah-rempah yang menjadi ciri khas di Sumatera Barat. Makanan yang menjadi identitas Indonesia sebagai negara yang memiliki ragam kuliner lezat.

Randang adalah salah satu yang tak hanya bisa dinikmati lidah Indonesia, tetapi juga dunia. Oleh sebab itulah mengapa khasnya rasa randang dari Sumatera ini menjadi makanan primadona di dunia. Bahkan, nomor satu paling lezat di dunia versi CNN yang merangkum makanan-makanan lezat di dunia.

Inilah yang membawa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat menggelar festival 'Nusantara Marandang' yang mengangkat randang sebagai tema utamanya. Bekerja sama dengan iNews, festival budaya ini diselenggarakan di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (2/12/2018).

"Randang ini merupakan suatu makanan yang dibuat sama masyarakat Sumatera Barat, sehingga dengan promosi ini, orang akan tahu, orang akan merasakan, membeli dan berdagang randang," kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Senayan, Jakarta, Minggu (2/12/2018).

Dia mengatakan, lewat acara 'Nusantara Marandang' yang pertama kali diselenggarakan ini, masyarakat Indonesia lebih mengenal randang secara cita rasa asli, filosofi di baliknya serta cara memasak yang tepat.

Sebab, sesuai namanya, festival ini menggandeng perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia untuk berkompetisi memasak randang. Selain ada cooking competition, ada pula cooking demo randang yang dilakukan oleh Chef Marco Liem.

"Randang telah menjadi makanan terenak di dunia, maka kita perlu meng-highlight, karena ini menjadi suatu nilai tambah buat Indonesia dan sebuah daya tarik pariwisata. Dampaknya luar biasa. Maka, randang adalah aset Indonesia yang perlu kita hebohkan," ucapnya.


Editor : Tuty Ocktaviany