Mengenal Susu Sapi A2 yang Mirip dengan ASI, Cocok untuk Berbuka Puasa

Vien Dimyati ยท Sabtu, 18 Mei 2019 - 13:19 WIB
Mengenal Susu Sapi A2 yang Mirip dengan ASI, Cocok untuk Berbuka Puasa

Kebaikan susu untuk berbuka puasa (Foto: Wide Open Eats)

JAKARTA, iNews.id - Setelah menjalani ibadah puasa seharian penuh menahan lapar dan haus. Biasanya, segala macam makanan dan minuman akan dimakan sebanyak-banyaknya.

Padahal, saat perut kosong, lalu diisi dengan makanan atau minuman tidak tepat. Maka, akan merugikan tubuh. Setelah berpuasa, tubuh membutuhkan asupan yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bernutrisi untuk menggantikan energi yang hilang seharian.

Susu bisa menjadi alternatif berbuka puasa yang sangat baik, karena selain mengandung gula alami juga bernutrisi lengkap.

Ahli gizi, dr. Rizal Alaydrus, MSc., menjelaskan, tubuh memasuki fase berpuasa terhitung delapan jam setelah makan dan minum terakhir. Jika berpuasa kurang lebih 13-14 jam per hari, maka ada jeda beberapa jam saat perut dalam kondisi benar-benar kosong.

"Setelah seharian berpuasa, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Susu sapi bisa menjadi salah satu pilihan untuk berbuka, karena memiliki banyak manfaat dan berperan penting dalam melengkapi kecukupan gizi. Minum susu dalam kondisi perut kosong justru sangat baik karena penyerapan zat gizi oleh tubuh lebih maksimal," kata dr Rizal, di Jakarta, belum lama ini.

Menurut dr Rizal, tidak semua orang bisa minum susu dengan nyaman saat perut dalam keadaan kosong, sehingga harus memilih susu yang sesuai. "Berbukalah dengan yang manis, tapi tidak semua yang manis itu baik. Kenapa susu baik? Karena susu mudah diserap tubuh, karena nutrisi di dalamnya memenuhi kebutuhan makro dan mikro," katanya.

Kin Fresh Milk merupakan salah satu produk yang berasal dari 100% susu segar Sapi A2. Sapi A2 adalah sapi yang telah diseleksi khusus melalui tes DNA yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A2, yaitu senyawa protein alami pada susu sapi yang mudah dicerna tubuh. Bahkan, komposisi proteinnya menyerupai susu ASI.

"Susu yang berasal dari sapi A2 sifatnya seperti human milk atau ASI, jadi bisa dengan mudah dicerna oleh tubuh. Sapi ini hanya memproduksi susu dengan protein A2 yang dinilai lebih aman di perut ketimbang susu biasa. Biasanya kalau kita minum susu, suka merasa mual atau kembung, karena tidak ada enzim yang bisa mencerna susu dengan baik. Jadi susu A2 bisa menjadi pilihannya untuk berbuka puasa," kata dr Rizal.

Dia menambahkan, Kin berasal dari susu sapi Australia A2 yang tidak mengandung protein A1. Melewati seleksi genetika, sehingga susu yang ada di sapi ini adalah protein A2, yang dapat menghindari intoleransi laktosa dan alergi susu sapi.

Tiffany Pratiwi Suwandi selaku Brand Manager Kin menjelaskan, dalam rangka berbagi kebaikan susu Sapi A2, PT ABC Kogen Dairy mengadakan acara Berbuka Bersama Kin, yang menjadi acara pembuka dari roadshow #maKINnyamansaatramadan dengan Kin Fresh Milk.

"Ini sebagai bentuk sosialisasi dari manfaat dan kebaikan susu Sapi A2. Tujuannya adalah agar konsumen bisa berbuka puasa dengan menikmati Kin Fresh Milk yang manisnya alami, kaya nutrisi untuk menggantikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa dan tentunya tidak perlu khawatir akan menyebabkan mual dan kembung karena hanya mengandung Protein A2 yang lebih nyaman di perut," kata Tiffany.

Perlu diketahui Kin Fresh Milk memiliki tiga rasa favorit, yaitu full cream, chocolate, dan coffee. Bahkan, susu ini merupakan satu-satunya produk susu yang dikemas dalam botol dengan UV light barrier yang menjamin kualitas produk, dan tidak mengandung bahan pengawet.


Editor : Vien Dimyati