Pilihan Menu Ketupat Lebaran, Disajikan dengan Rendang hingga Gulai Itik

Vien Dimyati ยท Rabu, 05 Juni 2019 - 09:05 WIB
Pilihan Menu Ketupat Lebaran, Disajikan dengan Rendang hingga Gulai Itik

Pilihan Menu Ketupat Lebaran (Foto : Instagram @tya_kitchen46)

JAKARTA, iNews.id - Setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa. Kini saatnya umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Bersuka cita menyambut Lebaran bersama keluarga besar.

Saat berkumpul bersama keluarga, biasanya tersaji hidangan ketupat. Menu yang selalu menjadi tradisi di Indonesia. Siapa sangka, ketupat lezat yang biasa kita santap setiap Lebaran ini memiliki banyak jenisnya.

Ingin tahu apa saja variasi jenis ketupat yang biasa disajikan saat Lebaran atau acara spesial lainnya? Berikut ulasannya, Rabu (5/6/2019).

Ketupat Kapau

Ketupat yang satu in biasa dihidangkan saat Lebaran. Terutama untuk di Sumatera Barat. Ketupat Kapau terbuat dari beras ketan. Rasanya mirip dengan lemang. Ketupat ini dimasak dengan cara direbus menggunakan campuran santan berbumbu. Ketupat Kapau biasanya disantap bersama rendang atau gulai itik cabai hijau.

Ketupat Glabed

Menu ketupat ini berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Ketupat Glabed disajikan dengan kuah kuning kental. Untuk menikmati ketupat ini, biasanya dihidangkan dengan tempe goreng, kerupuk, dan sambal pedas. Ada juga yang menyandingkannya dengan lauk sate ayam bumbu atau sate kerang.

Ketupat Babanci

Namanya memang jarang terdengar. Tetapi ketupat yang satu ini berasal dari Betawi. Untuk mencari ketupat ini, Anda dapat mencari di sekitar Jakarta. Penyajiannya menggunakan kuah santan yang dibumbui kemiri, bawang merah, cabai, bawang putih, dan aneka rempah-rempah. Sebagai pelengkapnya, ketupat babanci disajikan bersama daging sapi di dalamnya.


Editor : Vien Dimyati