Pilihan Menu Populer saat Idul Adha di Berbagai Negara, Ada Tufahija Puding Apel

Vien Dimyati ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 19:20 WIB
Pilihan Menu Populer saat Idul Adha di Berbagai Negara, Ada Tufahija Puding Apel

Pilihan Menu Populer saat Idul Adha (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak kebiasaan menarik yang dilakukan umat Islam di berbagai negara untuk merayakan Idul Adha. Mulai dari melakukan ritual budaya, silahturahmi, hingga membuat hidangan lezat.

Salah satu yang tidak pernah terlewatkan adalah membuat hidangan khas untuk keluarga. Bahkan, menu-menu yang dibuat ini sangat populer di negara tersebut.

Ingin tahu menu-menu apa saja yang sangat populer di berbagai negara dunia? Berikut ulasannya seperti dirangkum iNews.id, Sabtu (10/8/2019).

Bolani, Afghanistan

Di Afghanistan, Bolani adalah makanan populer selama perayaan Hari Raya. Menu ini terdiri dari roti yang diisi dengan berbagai lauk, mulai dari kentang sampai lada hijau. Memasaknya dengan dipanggang atau digoreng untuk membuat kerak tipis, sebelum disajikan dengan yogurt.

Tufahija, Bosnia

Di Bosnia, sajian Idul Adha yang khas adalah tufahija. Sajian ini berupa puding yang terbuat dari apel, direbus dalam air gula. Biasanya, agar terlihat lebih menarik, tafuhija diisi dengan kacang, walnut, atau almond. Pada bagian atasnya dihiasi dengan krim kocok atau creme fraiche. Lebih nikmat jika disantap dengan ditemani secangkir kopi.

Nasi Maqbous, Oman

Hidangan khas Oman ini menjadi menu wajib saat perayaan Idul Adha. Nasi Maqbous adalah nasi yang ditambah safron dan bumbu dari rempah-rempah khas Oman. Setelah itu, nasi ini disajikan di atas daging yang biasanya dimasak pedas.

Maqluba dan Kibeh, Timur Tengah

Makanan khas dari Timur Tengah ini terbuat dari daging kambing atau sapi yang dicincang. Daging diolah dengan bawang merah, kentang, serta rempah-rempah khas negara Timur Tengah seperti kayu manis, cengkeh, pala, dan lain-lain. Kibeh biasanya dibuat dengan bentuk bundar dan dipanggang atau dimasak dalam kaldu.

Sajian Idul Adha yang sangat populer lainnya di Timur Tengah adalah Maqluba. Menu ini terdiri dari sayuran, daging ayam, kalkun atau domba dan nasi berbumbu yang dicampur dalam satu panci besar yang kemudian dibalik membentuk cetakan panci. Di Indonesia, menu ini lebih mirip seperti nasi kebuli.


Editor : Vien Dimyati