Rendam Daging Kurban dengan Air Garam Bikin Tekstur Lembut dan Enak

Siska Permata Sari ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 16:51 WIB
Rendam Daging Kurban dengan Air Garam Bikin Tekstur Lembut dan Enak

Mengolah daging kambing butuh teknik khusus. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Hari Idul Adha lekat dengan masakan-masakan dari olahan daging kambing. Biasanya, daging kambing ini dijadikan sate, tongseng kambing, gulai, nasi goreng, dan sup.

Di Indonesia, daging kambing kurang umum dan kerap disajikan di hari-hari tertentu, seperti Hari Raya Idul Adha. Namun, masakan dari olahan daging kambing ini masih bisa ditemui di restoran atau tempat makan tertentu.

Rasa daging kambing sebenarnya hampir menyerupai daging sapi, tetapi jika mengolahnya kurang tepat, daging kambing bisa berbau dan memengaruhi rasa masakan. Oleh sebab itu, perlu pengolahan yang tepat.

Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya, seperti dilansir dari eHow, Rabu (29/7/2020).

Buang lemaknya

Daging kambing sangat ramping, bahkan dibandingkan dengan daging sapi dan ayam tanpa lemak. Tetapi seperti hewan lain, Anda akan menemukan lapisan lemak dan banyak dari rasa tidak enak itu terkonsentrasi pada lemak tersebut.

Jadi, gunakan pisau tajam untuk menyingkirkan lemak sebanyak mungkin sebelum dimasak.

Rendam

Setelah lemak dihilangkan, Anda bisa mengurangi aroma kambing dengan merendamnya sebentar. Anda bisa memasukkan garam kasar ke dalam air dingin jika perlu. Garam membantu menarik rasa dan bau dari daging kambing dan membuatnya lebih lembut.

Anda bisa juga merendam daging dengan susu atau buttermilk selama beberapa jam. Ini memberikan efek yang sama dan dapat melunakkan daging.

Olah dengan bumbu yang kaya

Setelah lemak dibuang dan direndam, Anda bisa memasak daging kambing dengan cara apa pun seperti dibakar, digoreng, ditumis, dipanggang, dan sebagainya. Pilihlah bumbu atau saus sesuai selera Anda.

Editor : Tuty Ocktaviany